Sandiaga Uno Ungkap 4 Negara Calon Penerapan Travel Bubble ke Bali

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 17 Maret 2021 19:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 17 406 2379472 sandiaga-uno-ungkap-4-negara-calon-penerapan-travel-bubble-ke-bali-Fe46nb9FKm.jpg Rakor Menparekraf Sandi dengan pemerintah Bali. (Foto: Instagram sandiuno)

PENERAPAN travel corridor arrangement sedang disusun oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Negara mana saja yang akan digaet pemerintah?

Sandi memaparkan, target pemulihan sektor parekraf yang ditetapkan Jokowi pada pertengahan 2021 mendatang itu, dapat tercapai lewat sejumlah langkah yang dilakukan seluruh pihak saat ini. Kebijakan tersebut nantinya akan disampaikan kepada Jokowi untuk disahkan sebagai dasar pembukaan pariwisata nasional pascapandemi Covid-19.

Baca Juga: Bali Dapat Sinyal Positif Terima Wisman Juni-Juni, Sandiaga Uno Ungkap Syaratnya

sandi

"Tadi kita juga membahas dengan Bu Menlu dan perwakilan kementerian dan lembaga yang membidangi, tadi semua sudah memberikan masukan dan tadi kita sudah mencapai kesepakatan."

"Kita memulai proses finalisasi dari persiapan kita dalam konsep travel corridors arrangement," kata Sandi lewat keterangan tertulisnya.

Terkait target negara dalam penerapan travel corridor arrangement, Menparekraf mengatakan penentuannya akan dipimpin oleh Kementerian Luar Negeri.

Di antaranya negara yang tingkat vakinasinya tinggi, negara dengan penerapan protokol kesehatan ketat yang diikuti testing, tracing and treatment yang tinggi, juga negara dengan asas resiprokal dan faktor-faktor lainnya.

"Tadi yang sudah disebut ada beberapa negara seperti Belanda, Tiongkok, Uni Emirat Arab atau negara Timur Tengah lainnya dan Singapura. Tapi finalisasinya tergantung dari travel corridor arrangement dari masing-masing negara," sebut Sandi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini