Sandiaga Uno Tambah Dana Hibah Pariwisata Tahun Ini Jadi Rp3,7 Triliun

MNC Portal, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 406 2379825 sandiaga-uno-tambah-dana-hibah-pariwisata-tahun-ini-jadi-rp3-7-triliun-P8Z8lLrCSU.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno hadiri rakernas dengan PHRI (Foto: Instagram/@sandiuno)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) tahun 2021 hari ini, Kamis (18/3/2021). Rakernas tersebut mengangkat tema 'Bersama Kita Akhiri Pandemi Covid-19, Bangkitkan Pariwisata Indonesia'.

Sandi mengatakan, pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia saat ini sedang berjuang menahan gelombang badai amat dahsyat, gelap dan amat memprihatinkan.

"Kita semua sangat terpukul melihat betapa hotel-hotel, kafe dan restoran menghadapi tekanan ganda. Biaya yang naik di tengah pemasukan yang menurun tajam akibat menurunnya mobilitas masyarakat, terutama jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang turun secara drastis," kata dia melalui akun instagramnya, @sandiuno.

Baca juga: Dongkrak Pariwisata, Negara Ini Beri Vaksinasi Covid-19 Gratis bagi Pelancong

Ia menjelaskan, dalam beberapa kesempatan bertemu dengan pelaku usaha yang tergabung dalam PHRI, dirinya mendapat banyak masukan penting.

"Mendengar betapa beratnya perjuangan yang mereka sedang hadapi, membuat kita harus gercep, geber, gaspol. Gerak cepat, gerak bersama dan garap kembali semua potensi lapangan kerja," lanjut Sandi.

Mantan Wagub DKI Jakarta itu menambahkan, tahun pertama pandemi, pemerintah sudah merespons cepat dengan program dana hibah pariwisata. Kemudian all out mendukung pemulihan industri hotel, restoran serta daerah pariwisata terdampak.

Sandi lebih lanjut memastikan bahwa program dana hibah bagi pelaku usaha pariwisata tahun ini akan tetap berjalan. Bahkan dirinya memproyeksikan kenaikan alokasi dana hibah tersebut mencapai Rp3,7 triliun.

"Kemenparekraf telah menyalurkan dana hibah sebesar Rp2,2 triliun kepada 6.730 hotel dan 7.630 restoran.

Pada tahun 2021 ini, kami juga sudah mengalokasikan anggaran dengan estimasi Rp2,7-3,7 triliun untuk disalurkan kepada usaha pariwisata. Mudah-mudahan dapat menyelamatkan banyak lapangan kerja dan membuka lebih banyak lagi peluang usaha," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini