Garis Pantai Luas, Wisata Bahari Jadi Destinasi Unggulan Donggala

Antara, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 406 2379840 garis-pantai-luas-wisata-bahari-jadi-destinasi-unggulan-donggala-OHo6MjAN4n.JPG Pantai Enu Sindue di Donggala, Sulawesi Tengah (Foto: Instagram/@giffwlr)

KEPALA Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Donggala, Johan Dwirisyanto menyebut bahwa objek wisata bahari saat ini masih menjadi destinasi unggulan bagi sektor pariwisata di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

"Donggala memiliki garis pantai yang cukup luas, sehingga banyak objek wisata di kabupaten ini menonjolkan bahari," kata Johan.

Ia menjelaskan, di Donggala terdapat tiga destinasi unggulan, di antaranya yakni objek wisata Pantai Tanjung Karang terletak di Desa Labuan Bajo, Kecamatan Banawa yang menawarkan spot pasir putih dan kekayaan hayati biota bawah laut.

Destinasi ini, lanjutnya, sering dikunjungi wisatawan mancanegara (wisman) hanya untuk melakukan kegiatan diving, bahkan sering pula dijadikan sebagai tempat penelitian.

Baca juga: Setahun Pandemi, Begini Sulitnya Liburan ke Luar Negeri

"Pemerintah melalui pelaku usaha pariwisata selalu berupaya memberikan pelayanan maksimal terhadap wisatawan," ucapnya..

Selain itu, destinasi lain yakni Pantai Boneoge terletak di Kecamatan Banawa dan Pusat Laut atau Pusentasi (bahasa lokal).

Destinasi wisata Pusat Laut memiliki keunikan tersendiri, karena sumur alami tersebut berdinding bebatuan sejenis karang dengan diameter sekitar 10 meter dan kedalaman diperkirakan tujuh meter yang menampung air laut jernih.

Menurut Johan, di tiga destinasi unggulan tersebut telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung, seperti akses jalan, tempat penginapan dan warung-warung kuliner lokal termasuk menjamin keamanan sebagai upaya peningkatan pelayanan terhadap wisatawan.

"Saat ini jumlah kunjungan wisata menurun diakibatkan dampak Covid-19, meski begitu kegiatan pariwisata masih tetap beroperasi," terang dia.

Dirinya menambahkan, saat ini pihaknya terus berupaya meningkatkan objek wisata di kabupaten tersebut, dalam rangka mewujudkan misi pemerintah setempat menjadikan Donggala sebagai kabupaten tujuan wisata.

"Selain tiga destinasi tersebut, masih banyak objek-objek wisata bahari yang tidak kalah menarik dengan daerah lain, termasuk objek wisata alam rumah pohon di Desa Tavanggeli, Kecamatan Pinembani dan kami memprioritaskan upaya pengembangannya," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini