Aturan Ini Bikin Kontingen Bulu Tangkis Indonesia Terhenti dari All England 2021

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 406 2380011 aturan-ini-bikin-kontingen-bulu-tangkis-indonesia-berhenti-dari-all-england-2021-UhEW20mwVS.jpg Ilustrasi. (Foto: Instagram badminton.ina)

TIM bulu tangkis Indonesia yang sedang berlaga di kompetisi badminton All England 2021 terpaksa harus terhenti langkahnya. Informasi tersebut dirilis oleh Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), di akun Instagram @badmintonina pada 18 Maret 2021.

Diduga hal tersebut terjadi karena saat penerbangan dari Istanbul ke Birmingham pada Sabtu (13/3) lalu, ada penumpang yang terkena Covid-19 dan satu pesawat dengan kontingen Indonesia. Namun pihak PBSI tidak diberi tahu nama, asal dan berapa orang yang terkena pada saat itu.

Baca Juga: Diresmikan Jokowi, Bandara Toraja Siap Layani Rute Jakarta dan Bali

“Seluruh Tim Indonesia dipaksa harus mundur dari turnamen Yonex All England 2021 dan tidak dapat melanjutkan pertandingan,” tulisnya.

 all england badminton

Hal ini sontak menjadi perhatian warganet. Publik dibuat kecewa dan kesal dengan keputusan panitia yang memaksa seluruh perwakilan Indonesia untuk berhenti dari kompetisi.

“Sesuai dengan regulasi pemerintah Inggris, jika berada pada satu pesawat yang sama dengan orang yang positif Covid-19, maka diharuskan menjalani isolasi selama 10 hari. Sehingga, tim Indonesia dipaksa mundur dan melakukan isolasi sampai tanggal 23 Maret 2021 di Crowne Plaza Birmingham City Centre, terhitung 10 hari sejak kedatangan tim ke Birmingham pada Sabtu (13/3) lalu,” tambahnya.

Pemerintah Inggris sendiri memang menerapkan kebijakan ketat terkait orang yang masuk ke negara tersebut selama pandemi Covid-19. Munculnya virus baru yang lebih berbahaya juga membuat Inggris semakin mengencangkan aturan, meski negaranya sudah menerapkan vaksinasi. Barangsiapa yang berasal atau transit dari negara yang dilarang, dipastikan tak dapat masuk ke Inggris.

Meskipun Indonesia tidak masuk daftar negara yang tak dibatasi oleh pemerintah Inggris, peraturan protokol yang ketat tetap dilaksanakan. Pihak BWF dan seluruh Panitia All England tidak bisa berbuat apa-apa menanggapi hal ini.

“Namun dapat dipastikan, keadaan seluruh tim Indonesia yang berada di Birmingham saat ini dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Hal ini merupakan kejadian luar biasa menyakitkan dan mengecewakan bagi kami semua,” pungkas pihak PBSI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini