Peresmian Bandara Toraja dan Alor untuk Mendukung Pariwisata

Antara, Jurnalis · Jum'at 19 Maret 2021 01:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 406 2380244 peresmian-bandara-toraja-dan-alor-untuk-mendukung-pariwisata-69z9avDNTu.JPG Menhub, Budi Karya Sumadi (Foto: Okezone.com/Taufik Fajar)

MENTERI Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyebut peresmian dua bandara sekaligus yakni Bandara Buntu Kunik di Tana Toraja, Sulawesi Selatan dan Bandara Pantar di Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan mendukung sektor pariwisata.

Saat peresmian Bandar Udata Buntu Kunik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Tana Toraja, Sulsel, Kamis, 18 Maret 2021, Menhub menyatakan, pembangunan infrastruktur bandar udara dengan anggaran sekitar Rp800 miliar tersebut ditujukan mempermudah aksesbilitas, karena sebelumnya harus menempuh perjalanan jalur darat selama 8 hingga 9 jam dari Makassar ke Toraja.

Baca juga: Seratusan Pelaku Pariwisata di Lombok Divaksinasi Covid-19

Dia mengatakan, pembangunan Bandara Buntu Kunik ini 2.000 meter, namun yang efektif digunakan 1.700 meter dan dapat menampung 456 ribu orang kunjungan dalam setahun.

Sementara Bandara Pantar di Alor, NTT, lanjut dia, untuk konektivitas daerah terluar dari sisi NTT dan diharapkan dapat mengakomodasi 35 ribu orang penumpang dalam setahun.

Pada kesempatan tersebut Budi juga menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada Komisi V, DPD, DPRD Provinsi Sulsel dan Kabupaten Tana Toraja serta masyarakat dan tokoh adat yang memberikan dukungan luar biasa.

"Bapak presiden selama ini terus memantau perkembangan bandara ini dan selalu bertanya kapan selesai," katanya.

Dengan peresmian dua bandara tersebut, lanjut Budi, diharapkan dapat menjadi fasilitas infrastruktur untuk mendukung konektivitas daerah ini menjadi lebih maksimal.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini