Dairi Dukung Pembenahan Toilet di Wisata Danau Toba demi Kenyamanan Wisatawan

Antara, Jurnalis · Jum'at 19 Maret 2021 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 406 2380320 dairi-dukung-pembenahan-toilet-di-wisata-danau-toba-demi-kenyamanan-wisatawan-NTGwBdHLdz.JPG Revitalisasi toilet di destinasi wisata (Foto: Kemenparekraf)

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Dairi, Sumatra Utara, mendukung kick off revitalisasi toilet di destinasi wisata super prioritas Danau Toba di Kabupaten Dairi dan Kabupaten Samosir yang digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi Kemenparekraf atas terlaksananya kick off revitalisasi toilet tersebut.

Melalui kick off revitalisasi toilet destinasi wisata super prioritas Danau Toba serta pendampingan yang akan dilakukan untuk memastikan ekosistem mulai dari air bersih hingga siapa yang akan mengelola toiletnya secara keseluruhan terpenuhi dengan baik.

Baca juga: Ternyata Ini 6 Alasan Kenapa Pramugari Harus Pakai Seragam Ketat

"Sehingga ke depan kita yakin dapat memberi kenyamanan pada wisatawan yang berkunjung ke wilayah Danau Toba apalagi di situasi pandemi," kata dia.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan Kabupaten Dairi sangat strategis berada di lintasan antara Kabupaten Karo-Humbang Hasundutan-Pakpak Bharat-Aceh Singkil dan Aceh Tenggara.

Dengan topografi dan landscape berbukit dan bergelombang serta potensi alam yang indah, seni budaya unik, serta kuliner khas, termasuk Tao Silalahi yang menjadi bagian dari Toba Caldera Unesco Global Geopark sebagai surga pelaksanaan even seni budaya, extrem sports, sports and ecotourism.

Di samping itu, Pemkab Dairi juga mengelola objek wisata religi Taman Wisata Iman (TWI) Sitinjo dan Taman Firdaus yang telah menjadi ikon-nya pariwisata Dairi dan berdiri kokoh di lahan seluas 13 hektare.

Saat ini Dairi juga telah memiliki platform visitdairi.com yang merupakan platform berbasis pariwisata terintegrasi, fleksibel dan skalabel yang dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat.

"Khususnya para wisatawan untuk menelusuri keindahan Dairi dan memenuhi kebutuhan dalam perjalanan seperti paket wisata, akomodasi, transportasi, souvenir dan kuliner," katanya.

Platform visitdairi.com ini, lanjut dia, juga dapat dimaknai bahwa UMKM Kabupaten Dairi akan 'naik kelas' dipandang dari aspek produksi, kreasi khususnya dari sisi promosi dan pemasarannya.

Karena menerapkan sistem pembayaran dan transaksi non tunai QRIS bekerja sama dengan pihak perbankan yang simpel, efektif, cepat dan nyaman, platform ini juga merupakan salah satu strategi dalam meminimalisir dampak pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia saat ini.

"Kita juga menyajikan sistem promosi dan pemasaran elektronifikasi digital online bekerja sama dengan pelaku UMKM untuk menjual produk UMKM seperti Kriya Ulos dengan konsep eco-fashion ulos yang ramah lingkungan dengan menggunakan bahan pewarna alami," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini