5 Persyaratan Dasar Jika Mau Jadi Pramugari, Wajib Lolos Nih

Fatha Annisa, Jurnalis · Sabtu 20 Maret 2021 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 406 2380779 5-persyaratan-dasar-jika-mau-jadi-pramugari-wajib-lolos-nih-9LZ2FHFNPL.jpg Pramugari Heksa Putrie dan rekannya. (Foto: Instagram)

PRAMUGARI sejak dulu jadi profesi yang diidam-idamkan banyak orang. Namun ada sederet syarat yang harus dipebuhi ketika Anda ingin menjadi pramugari sukses.

Ketika menjadi pramugari, banyak keuntungan yang bisa diambil, mulai dari keliling dunia gratis, mencicipi kuliner dari beragam wilayah nusantara maupun mancanegara, sampai pendapatan yang relatif besar.

Sayangnya tidak semua orang bisa menjadi pramugari. Banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Pramugari Heksa Putri beberapa waktu lalu membocorkan lima persyaratan utama jadi kru kabin pesawat dalam video yang diunggah di channel YouTube pribadinya.

Berikut lima persyaratan paling dasar dan wajib untuk calon pramugari:

Usia 18-25 Tahun

 heksa

Seseorang yang belum pernah jadi pramugari bisa mulai melamar ke maskapai penerbangan ketika usianya sudah menginjak 18 tahun dan tidak lebih dari 25 tahun. Namun, Anda diharuskan belum pernah menikah.

“Kalau usia kalian masih dari jangka 20, 21, 22, 23, 24, 25, kalian bisa banget jadi pramugari. Dengan syarat kalian belum pernah menikah, ya. Karena kalau kalian sudah pernah menikah, mohon maaf sekali kalian sudah tidak bisa jadi pramugari,” Heksa Putrie mengungkapkan.

Baca Juga: Mewahnya Lokasi Siraman Aurel Hermansyah Dipenuhi Bunga-Bunga

 

Tinggi dan Berat Badan Ideal

 

Tak bisa dipungkiri bahwa semua pramugari yang Anda temui dalam penerbangan pasti memiliki penampilan menarik dengan tubuh ideal dan proporsional. Hal tersebut memang diharuskan dan menjadi salah satu persyaratan dasar untuk dapat menjadi pramugari.

Meskipun setiap maskapai punya standar tinggi badan untuk pramugari yang berbeda-beda. Namun untuk maskapai Indonesia, standarnya relatif sama, yaitu 158 sentimeter untuk perempuan dan 165 sentimeter untuk laki-laki.

“Jadi untuk pramugari sendiri tinggi badan minimal 158 sentimeter dan untuk pramugara 165 sentimeter. Kalau kalian sudah bisa mencapai tinggi badan tersebut, kalian bisa jadi pramugari,” ujar Heksa.

 

Menguasai Bahasa Inggris

Bahasa Inggris menjadi salah satu hal bekal paling penting untuk menjadi pramugari. Sejak proses perekrutan, wawancara yang dilakukan oleh maskapai sudah menggunakan bahasa Inggris. Itulah sebabnya calon pramugari harus menguasai bahasa Inggris minimal dasar-dasarnya, seperti pengenalan diri, percakapan dasar, riwayat kehidupan, dan sebagainya.

Dalam video lainnya, Heksa juga menjelaskan pentingnya bahasa Inggris. Selama masa training, pramugari akan menjalani tes tertulis yang menggunakan bahasa Inggris. Buku panduan menjadi pramugari yang harus dipelajari calon kru kabin pesawat itu pun berbahasa Inggris. Selain itu, dalam satu maskapai biasanya ada pilot atau pramugari yang berasal dari luar Indonesia. Untuk bisa berkomunikasi dengan mereka, Anda harus menguasai Bahasa Inggris.

Tidak Ada Bekas Luka, Tato, dan Tindik

Tubuh pramugari harus bersih dari bekas luka, tato, dan tindik, terutama di bagian tubuh yang dapat terlihat seperti tangan, kaki, wajah, dan leher. Keberadaan tiga hal tersebut akan dipermasalahkan oleh pihak maskapai.

“Tidak boleh bertato, tidak boleh bertindik. Ditindik di kuping bagian atas, atau gak di hidung, di bibir, di lidah dan lain-lain. Kalau yang sudah pakai tato mohon maaf sekali sepertinya kalian udah gak bisa. Soalnya kalau udah ada tato atau tindikan, udah gak bisa jadi pramugari,” kata Heksa.

Berwawasan Luas

Poin terakhir dan paling penting, pramugari harus berwawasan luas seputar dunia pramugari dan penerbangan. Calon pramugari juga harus tau tentang perusahaan penerbangan di mana mereka ingin menjadi pramugari, seperti sudah berapa lama berdiri, siapa yang memimpin, rute yang dimiliki dan lain sebagainya.

Akan menjadi nilai tambah jika calon pramugari bisa menjelaskan ciri khas negara atau wilayah yang menjadi rute penerbangan maskapai tersebut. Semakin banyak wawasan yang Anda punya, maka akan semakin besar juga kesempatan Anda untuk menjadi pramugari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini