Berburu Roti Legendaris di Cikini Jakarta Terkenal Sejak 1921

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 20 Maret 2021 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 20 301 2381090 berburu-roti-legendaris-di-cikini-jakarta-terkenal-sejak-1921-ARDlloGmtr.jpg Podcast Jajan Bareng Dua Farid. (Foto: RCTI+)

INGIN mencari roti legendaris khas Jakarta yang ada sejak 1921? Podcast Jajan Sejarah Bareng Dua Farid, akan menjawab kebutuhan referensi kuliner legendaris tersebut. 

Selain soal rasa di podcast ini juga akan membahas tentang sejarah-sejarah yang jarang diketahui, bisa juga tentang sejarah dari jajanan yang akan dibahas, atau mungkin sejarah menarik lainnya. Langsung aja deh dengerin Podcast Jajan Sejarah Bareng Dua Farid di Aplikasi RCTI+.

Seperti biasa sebelum masuk dalam topik utama pembahasan episode kali ini, Dua Farid berbagi informasi seputar fakta menarik dari dua restoran legendaris di Jakarta.

“Yang pertama adalah Restoran Trio. Gua pertama kali tau restoran ini dari film Arisan 2, kebetulan kantor gua juga deket sama restoran ini jadi akhirnya gua sempat coba makan disini. Berikutnya yang tak kalah legendaris adalah Gado-Gado BonBin. Gado-gado nya kalau kata anak sekarang itu mau meninggal rasanya enak banget, berlokasi di Cikini gak jauh dari restoran Trio. ” jelas Dua Farid.

Kalau ngobrol soal kuliner, ada Toko Roti Terkenal di Cikini yang masih ada sampai sekarang, “Kalau memang lu yang tinggal udah lama di Jakarta atau mungkin dari kecil udah di Jakarta pasti tau sama salah satu roti yang legendaris banget di Jakarta yaitu Roti Tan Ek Tjoan.

Namun, pabriknya harus pindah kan ke daerah Ciputat jadi kita gak bisa ngeliat lagi toko nya akhirnya tutup gitu kan, tapi sebenarnya Tan Ek Tjoan legendaris banget lah dari jamannya nyokap gue tau gitu kan karena sudah ada dari 1921. Tapi awalnya itu bukan di Cikini, sebenarnya itu ada di Surya Kencana, Bogor.

Baca Juga: Imutnya Pramugari Shinta Wulandika, Bikin Lelaki Klepek-Klepek

Tan Ek Tjoan ini adalah nama orang dan dialah yang memulai usahanya buka pabrik roti dan jualan sampai akhirnya orang-orang Bogor sangat suka dengan roti tersebut bahkan faktanya Bung Hatta ketika lewat Bogor pasti selalu mampir ke toko tersebut dan beli.

Lalu ditemukan ide bahwa sepertinya membuka toko roti di Batavia itu juga menarik, dari situlah ada Roti Tan Ek Tjoan di Batavia tepatnya Cikini sekitar tahun 1950 an.” jelas Dua Farid.

Masih ada banyak fakta unik dari Roti Legendaris di Cikini diatas yang cuma ada di Podcast Jajan Sejarah Bareng Dua Farid eksklusif hanya di aplikasi RCTI+ atau langsung klik link dibawah ini:

https://radio.rctiplus.com/player-music?contentType=podcast&contentId=3561

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini