Kapten Vincent Raditya Ungkap Fungsi Benda Berputar di Kokpit

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 20 Maret 2021 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 20 406 2381111 kapten-vincent-raditya-ungkap-fungsi-benda-berputar-di-kokpit-eHAztJbz1y.jpg Kapten Vincent Raditya. (Foto: YouTube Vincent Raditya)

BAGIAN dari pesawat memang terlihat rumit dan selalu bikin penasaran. Kapten Vincent raditya akan mengungkap salah satu fungsi bagian pesawat, tepatnya benda berputar di samping kaki pilot. 

Dalam kokpit itu sendiri terdapat instrumen penerbangan dan kontrol penerbangan. Dalam kokpit, sering terlihat benda berputar yang berada di bagian bawah samping kaki pilot. Alat unik ini sering terlihat terus berputar-putar sehingga bikin banyak orang yang ingin tahu fungsinya.

Kali ini, seorang pilot bernama Vincent Raditya yang rajin mengedukasi masyarakat Indonesia lewat video YouTube nya menjelaskan fungsi benda berputar tersebut. Pilot berusia 36 tahun ini mendapat banyak komentar yang menginginkan penjelasan tentang benda berputar itu.

Benda yang dimaksud bernama stab trim atau stabilizer trim. Tujuan dari stab trim ini untuk mengurangi beban ketika pilot harus terus menarik kontrol. Apabila seorang pilot menerbangkan pesawat tanpa menggunakan stab trim yang baik, kontrol akan menjadi sangat berat dan sulit dikendalikan.

Baca Juga: Imutnya Pramugari Shinta Wulandika, Bikin Lelaki Klepek-Klepek

Selain menjelaskan tentang stab trim, Captain Vincent juga mendemonstrasikan cara penggunaan alat tersebut.

“Trim dapat diputar secara otomatis dan manual, jika tiba-tiba trim otomatis rusak maka masih bisa diputar secara manual” jelas Captain Vincent.

Dengan video penjelasan serta demonstrasi ini akhirnya Captain Vincent menjawab rasa penasaran warganet.

“Dari dulu penasaran sama bulatan berputar itu. Baru-baru ini saya tau gara-gara Capt. Vincent” komentar salah satu akun di video YouTube Vincent Raditya.

Tonton selengkapnya yuk video Captain Vincent untuk tambah ilmu tentang pesawat terbang di YouTube channel Vincent Raditya!

 

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini