Napak Tilas Bangunan Peninggalan Belanda, Jembatan Gantung hingga Irigasi 7 Tingkat

Antara, Jurnalis · Minggu 21 Maret 2021 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 21 406 2381370 napak-tilas-bangunan-peninggalan-belanda-jembatan-gantung-hingga-irigasi-7-tingkat-c7LVvN1tyX.JPG Plt Wali Kota Padang, Hendri Septa tinjau saluran irigasi peninggalan Belanda (Foto: Pemkot Padang)

BELANDA menjajah Indonesia tercatat 3,5 abad lamanya. Jejak peninggalan pemerintah kolonial Belanda tak pelak banyak dijumpai di hampir seluruh wilayah Nusantara. Salah satunya di Desa Batu Busuk, Sumatra Barat.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Padang, Hendri Septa pun melakukan napak tilas ke Batu Busuk, Kecamatan Pauh untuk menelusuri sejumlah bangunan peninggalan Belanda di daerah itu bersama Komunitas Cagar Budaya, Sejarah dan Museum (CBSM) Kota Padang, Sumbar..

"Berbagai peninggalan zaman Belanda yang berada di Kelurahan Lambung Bukik ini dapat dijadikan sebagai wadah untuk mengedukasi para generasi muda supaya peduli dengan sejarah dan dapat menjaganya di zaman mereka nantinya," kata Plt Wali Kota Padang, Hendri Septa.

Baca juga: Bekas Tentara Belanda, Taman Srigunting Tempat Wisata Instagramable di Semarang

Sejumlah bangunan peninggalan Belanda yang ada di Batu Busuk yaitu jembatan gantung sepanjang lebih kurang 100 meter, lubang/lorong Belanda, PLTA Kuranji, Jenjang Teka-teki, bendungan dan saluran irigasi tujuh tingkat yang sampai kini masih terawat dan terjaga keasriannya oleh masyarakat setempat.

PLTA Kuranji peninggalan Belanda

(Foto: Instagram/@jeffry_rahman31)

Menurut dia, generasi muda harus peduli dan menjaga peninggalan sejarah yang ada di Kota Padang. Untuk itu, pihaknya akan menjadikan keberadaan peninggalam Belanda ini menjadi agenda selanjutnya bagi Pemerintah Kota Padang bersama dinas terkait bagaimana mengajak generasi muda untuk peduli terhadap sejarah.

Pada sisi lain ia menyampaikan atas nama Pemerintah Kota Padang mendukung apa yang dilakukan oleh komunitas CBSM Kota Padang karena hal ini sejalan dengan salah satu misi Kota Padang, yaitu mewujudkan masyarakat Kota Padang yang madani berbasiskan pariwisata yang unggul dan berdaya saing.

Orang nomor satu di Kota Padang itu mengajak masyarakat setempat untuk bersama-sama menjaga kelestarian barang peninggalan sejarah yang ada di Kelurahan Lambung Bukik , karena hal ini merupakan tanggung jawab masyarakat Kota Padang.

"Kami Pemerintah Kota Padang mendukung kegiatan yang dilakukan hari ini karena ini merupakan upaya untuk menjadi kota yang berbudaya dan yang tahu menghargai peninggalan dari leluhur," kata dia.

Sementara itu, Ketua Komunitas CBSM Kota Padang, Genny Putrinda berujar bahwa kegiatan yang dilaksanakan hari ini bertujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat bahwa Kota Padang mempunyai peninggalan sejarah yang sangat luar biasa.

"Ada berbagai tempat yang sudah kita kunjungi dari tadi, seperti lubang Belanda, PLTA Kuranji, bendungan dan saluran irigasi. Dan kita harapkan ini ke depan bisa menjadi objek wisata baru di Kota Padang," kata Genny.

Dalam kunjungan kali ini, Plt Wali Kota turut didampingi oleh Camat Pauh Jasman, Ketua Karang Taruna Kota Padang Yaldi Chaniago, Ketua LPM, Lurah, RT/W dan tokoh masyarakat setempat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini