Pelancong Wajib Install 3 Aplikasi Ini Sebelum Traveling ke Jepang

Suci Wulandari Putri, Jurnalis · Senin 22 Maret 2021 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 22 406 2381679 pelancong-wajib-install-3-aplikasi-ini-sebelum-traveling-ke-jepang-qIHpErJhiL.JPG Ilustrasi (Foto: Phocuswire)

BAGI anda yang hendak berkunjung ke Jepang, siap-siap harus mengosongkan memori ponsel, karena anda akan diminta untuk menginstall tiga aplikasi wajib ini. Aplikasi tersebut ialah aplikasi pelacak kontak COCOA Covid-19 dari Kementerian Kesehatan; aplikasi Tenaga Kerja dan Kesejahteraan, Skype; dan aplikasi konfirmasi lokasi, OSSMA.

Aturan ini disahkan oleh Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan. Aplikasi tersebut harus terpasang pada ponsel pintar anda ketika memasuki Jepang melalui Bandara Haneda dan Narita, dua bandara Internasional di Tokyo.

Baca juga: Liburan ke Jepang, Begini Trik Jajan Hemat ala Jerome Polin

Pemasangan aplikasi ini digunakan untuk mengonfirmasi kepatuhan pelancong selama 14 hari karantina mandiri sebelum berbaur dengan masyarakat di sana.

Lalu bagaimana dengan orang yang tidak memiliki ponsel pintar? Tenang, pihak bandara di sana akan meminta anda untuk menyewa telepon dari bandara dan anda harus membayarnya.

Selain itu anda juga akan diminta untuk tanda tangan tertulis atas janji mematuhi protokol kesehatan.

Adapun bagi pelancong yang curang, mereka akan mendapatkan hukuman dengan konsekuensi publikasi ke publik, seperti publikasi nama pelanggar dalam kasus warga negara asing, dideportasi, serta pencabutan status kependudukan untuk orang asing yang tinggal di Jepang dengan visa kerja atau studi.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini