Rian D'Masiv Bersih-Bersih Keraton, Generasi Muda Ikut Lestarikan Sejarah

Bramantyo, Jurnalis · Selasa 23 Maret 2021 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 406 2382420 rian-d-masiv-bersih-bersih-keraton-generasi-muda-ikut-lestarikan-sejarah-zxBbJhEK83.jpg Rian D'Masiv. (Foto: Instagram rianekkypradipta)

RIAN D'Masiv bersemangat ikut bersih-bersih area Keraton Kasunanan Surakarta. Ia ditemani para Sentono dalem, abdi dalem, yang tergabung didalam Lembaga Dewan Adat (LDA) Kraton Kasunanan Surakarta serta anggota TNI dan Polri.

Tak peduli panasnya terik matahari, Rian membersihkan area halaman keraton. Meski sesekali Rian mengusap keringat yang membasuhi muka, namun Rian begitu senang mencabuti rumput-rumput di sekitar Pagelaran Kraton Kasunanan.

Rian mengatakan, dirinya merasa bangga ikut bagian dan kegiatan bersih-bersih keraton. Ia mengungkap bahwa rasa kepedulian terhadap keraton juga masih ada.

 rian

"Ini suatu bukti bila masyarakat masih peduli dengan keraton. Karena melestarikan keraton adalah melestarikan Indonesia juga. Dengan #lestarikankeraton," papar Rian, Senin 22 Maret 2021.

Baca Juga: Vincent Raditya Ungkap Kondisi Upset Pesawat SJ-182, Memangnya Berbahaya?

Karena begitu pedulinya dirinya terhadap keraton, Rian mngaku selalu mengikuti perkembangan keraton. Bagi dirinya, konflik di dalam keraton merupakan salah satu hal yang wajar bila adannya suatu perbedaan.

"Apa yang selama ini terjadi di dalam internal keraton, saya selalu mengikutinya dari media massa. Suatu perbedaan merupakan, bagi saya merupakan satu hal yang wajar. Tapi setiap masalah pasti bisa dibicarakan," jelasnya.

Ditambahkan Ryan, keraton merupakan simbol dari kebhinekaan. Dirinya bahkan siap menjadi relawan. Meski dirinya besar di Jakarta, tapi tidak menghalanginya ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

"Karena tujuannya memang melestarikan sejarah. Peradaban ini harus disambung lagi mata rantainya ke generasi yang muda."

"Karena mungkin banyak generasi muda yang belum paham atau bahkan tidak tahu sejarahnya keraton. Saya harap generasi milenial bisa menyebar di seluruh Indonesia," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Kraton Kasunanan Surakarta GKR Wandansari Koes Moertiyah (Gusti Moeng) selain keikutsertaan Rian D'Masiv, kegiatan bersih-bersih keraton ini diikuti 250 orang.

"Tiap hari nanti melibatkan 200 orang selama seminggu ke depan," jelasnya.

Sebenarnya, ungkap Gusti Wandansari, antusias masyarakat juga luar biasa untuk berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih keraton.

"Namun kami tidak boleh melebihi (jumlahnya) harus sesuai dengan ketentuan satgas Covid-19," papar Gusti Moeng.

Senada, Ketua Harian Majelis Adat Kerajaan Nusantara, KP Eddy Wirabumi menambahkan dengan mengusung #keratonuntukindonesia, bukan hanya semata untuk Keraton Surakarta. Karena tujuannya adalah berawal dari Surakarta akan menuju ke seluruh keraton di Indonesia.

Ditambahkan Wirabumi, alasan utama keraton harus dilestarikan adalah melestarikan adat dan tradisi budaya. Karena adat dan tradisi budaya yang ada di seluruh Indonesia itulah sejatinya simbol dari Kebhinekaan Indonesia.

"Karena sejatinya merawat melestarikan keraton adalah merawat adat dan tradisi budaya dan kebhinekaan kita," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini