Benahi Kualitas Produk Lokal, Sandiaga Uno Lakukan Ini

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 23 Maret 2021 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 406 2382795 benahi-kualitas-produk-lokal-sandiaga-uno-lakukan-ini-wKTNYbDARS.jpg Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram sandiuno)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno terus mendorong pengembangan sektor ekonomi kreatif Tanah Air. Salah satunya untuk mendobrak pasar internasional pascapandemi Covid-19.

Sandi mengatakan, saat ini pemerintah terus berupaya berkolaborasi dengan stakeholders terkait, guna meningkatkan kualitas produk-produk ekonomi kreatif (ekraf) lokal.

"Pandemi adalah waktu yang tepat untuk berbenah diri dan mencari peluang-peluang baru. Karena yang saya lihat, saat tertekan, pelaku ekraf justru meunjukkan kreatifitasnya dan terus berinovasi. Ini harus kita dukung," kata Sandiaga Uni dalam acara NGOPREK (Ngobrol Bareng Pelaku Ekonomi Kreatif) secara virtual, Selasa (23/3/2021).

 sandi

Namun Sandi tidak menampik bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang harus segera dibenahi. Salah satunya terkait dengan kualitas packaging atau kemasan.

Baca Juga: Masyarakat Rindu Liburan, Kemenparekraf: Jadilah Traveler Bertanggung Jawab

Hal ini menjadi sangat penting, mengingat kualitas produk kreatif lokal sendiri sudah sangat baik. Hanya saja, diperlukan upaya untuk meningkatkan value dari produk itu sendiri.

"Menurut saya kita punya modal yang sangat kuat. Sekarang yang harus dipikirkan adalah terkait perizinan, kriteria packaging, dan sourcing. Kualitasnya harus ditingkatkan. Sosial media juga bisa kita manfaatkan untuk membantu promosi mengkurasi produk-produk ekraf berkualitas," lanjut Sandi.

Hal senada juga disampaikan oleh mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Triawan Munaf. Menurutnya, bila kualitas produk ekraf Indonesia semakin membaik, bukan tidak mungkin produk-produk tersebut menembus pasar internasional.

"Kita harus punya toko ekonomi kreatif lokal di luar negeri. Standarnya bisa seperti seperti Mbloc. Jadi kita menjual berbagai produk kuliner lokal seperti madu, mi instan, dan lain sebagainya," kata Triawan Munaf.

"Contohnya, di Dubai Mall itu ada sebuah toko yang khusus menjual produk-produk Italia. Semua produk italia ada disitu. Mulai dari pasta, oil, dll. Jadi orang-orang mau mencari cari produk mereka sangat mudah. Itu bagus sekali untuk mempromosikan dan branding produk ekraf kita," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini