Cuma Punya 1 Kasus Covid-19, Penduduk di Pulau Ini Tak Pakai Masker

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Rabu 24 Maret 2021 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 406 2382917 cuma-punya-1-kasus-covid-19-penduduk-di-pulau-ini-tak-pakai-masker-14iBPv8Zgz.jpg Wisatawan di Pulau Corvo. (Foto: AFP/Euronews)

KEHIDUPAN di Pulau Corvo secara praktis telah kembali normal sekarang ini. Karena hampir seluruh 400 penduduk pulau terkecil di Azores telah divaksinasi Covid-19 secara sukarela.

Bahkan penduduk pulau di Portugis ini sudah dapat bertemu di kafe, bar, dan restoran. Sekolah juga terbuka dan tidak perlu memakai masker di luar ruangan.

Dilansir dari Euro News, pada saat vaksinasi, orang-orang berbaris di kompleks olahraga pada Sabtu untuk mendapatkan dosis Pfizer kedua mereka.

"Kami sudah menjalani kehidupan yang sangat dekat dengan normal," kata Antonio Salgado, satu-satunya dokter di pulau itu dengan ceria, sambil memeriksa nama dari daftarnya. "Dan sekarang akan lebih dari itu!"

Dokter berusia 62 tahun itu tiba dengan kurang dari setahun yang lalu, tetapi dia sudah terbiasa dengan kekurangan buah dan bahan bakar sesekali. Ia pun telah belajar membuat yoghurt buatan sendiri.

 Corvo

Terletak ratusan kilometer jauhnya dari daratan Eropa, pulau itu lolos hampir tanpa kasus.

"Kehidupan di Corvo tenang. Kami hidup dengan baik. Tidak ada stres di sini," kata pemandu wisata Fernando Camara.

Tetapi dengan tidak adanya turis di pulau itu, Camara hanya memiliki sedikit pekerjaan akhir-akhir ini. Sebagai gantinya, dia mengajak siswa sekolah menengah untuk melakukan kunjungan lapangan ke kawah gunung berapi yang mendominasi pulau itu.

"Saat ini, Corvo adalah surga. Dan tempat yang unik di dunia," kata guru bahasa Portugis, Carla Santos.

“Kami hanya memiliki satu kasus Covid di pulau, yang berasal dari luar, dari daratan, dan terdeteksi. Kami terus hidup normal di sini dengan mengikuti aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan”.

Portugal memutuskan untuk memvaksinasi pulau itu sepenuhnya tanpa melalui kelompok prioritas.

Pejabat kesehatan setempat Clelio Meneses menjelaskan bahwa jumlah suntikan yang diperlukan untuk mengimunisasi Corvo tidak akan memengaruhi peluncuran vaksin di tempat lain di Azores.

"Satu-satunya hal yang harus dilakukan adalah memvaksinasi seluruh penduduk sekaligus untuk membuat wilayah yang diimunisasi," katanya.

Dengan hanya satu ventilator di pulau itu dan tidak ada tempat tidur rumah sakit sama sekali, wabah Covid-19 bisa sangat menghancurkan.

"Penyebarannya akan menjadi bencana dan sangat cepat," kata Walikota Corvo, Jose Manuel Silva, yang mengingat bahwa beberapa pejabatnya ingin pulau itu ditutup.

"Kami hanya punya satu toko roti jadi mau tidak mau kami semua pergi ke tempat yang sama".

Daratan Utama Portugal telah memberlakukan tindakan lockdown yang ketat karena lebih dari 16.000 orang telah meninggal karena lebih dari 800.000 infeksi.

Tapi di Corvo, hanya ada satu kasus Covid-19, yaitu dari seorang warga luar yang berkelana ke benua itu untuk liburan Natal.

Seperti wilayah Portugal lainnya, vaksinasi di Corvo bersifat sukarela, tetapi hampir semua masyarakat divaksinasi.

"Orang-orang Corvo telah mengalami tidak adanya pandemi di pulau itu sebagai kompensasi atas isolasi, kehidupan yang sulit, dan masalah lainnya," kata Salgado.

Seiring berjalannya kehidupan, seperti biasa bagi orang-orang di pulau seluas 17 kilometer persegi itu, hanya masker dan hampir tidak adanya pariwisata.

Pariwisata memberikan mata pencaharian bagi sebagian orang, tetapi pandemi telah menghentikan aliran pendapatan dan meninggalkan pulau itu, terutama bergantung pada bantuan dari luar.

Penduduk lokal, Elisabete Barradas merasa "sangat istimewa" setelah menerima dosis vaksin keduanya. Dia juga mengatakan, warga Corvo sekarang hanya melihat penduduk dunia yang masih harus melawan pandemi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini