Viral Warga Berburu Emas di Pantai Maluku, Bawa Wajan hingga Karpet

MNC Portal, Jurnalis · Rabu 24 Maret 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 406 2382943 viral-warga-berburu-emas-di-pantai-maluku-bawa-wajan-hingga-karpet-I2g4gY8FvS.jpg Viral warga berburu emas. (Foto: MNC Portal)

JIKA sebelumnya viral gunung emas di Kongo, di Maluku juga ada kejadian yang mirip. Warga Maluku Tengah menyerbu material emas di Pesisir Batu Pohon.

Pesisir Pohon Batu berada di Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Maluku. Warga sekitar berebut mendulang emas di lokasi.

Mereka menggunakan alat seadanya saat berburu harta karun, seperti wajan, sekop dan karpet. Untuk menyaring material emas, warga menggali pasir dan memecahkan bongkahan batu yang diyakini mengandung butiran emas.

Awalnya, material emas ini ditemukan secara tidak sengaja oleh Syarifah Arey dan kedua kakaknya. Saat itu, mereka iseng mendulang pasir di Pantai Pohon Batu, namun malah menemukan material emas.

“Kita hanya coba-coba, namun ternyata materialnya mengandung emas,” katanya, Senin (22/3/2021).

 

Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua mengatakan, kejadian ini serupa di Kongo, namun tak seheboh berita gunung emas di Kongo beberapa pekan lalu. Meski warga memang berburu serpihan butiran emas tersebut.

"Saya sudah cek kepastiannya, emas ini ada. Tapi tidak seperti di Kongo," ujar sang bupati, Abua.

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini