Bale Tani, Wisata Keluarga di Jombang Berkonsep Sawah

Elvina Maharani Putri, Jurnalis · Selasa 23 Maret 2021 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 408 2382470 bale-tani-wisata-keluarga-di-jombang-berkonsep-sawah-uEQUSToinO.jpg Spot foto di Bale Tani. (Foto: Instagram uzahzahrr_)

SAAT ini begitu marak tempat wisata edukasi berkonsep agrowisata modern. Seperti halnya Bale Tani di Jombang, Jawa Timur, sebagai wisata edukasi mengenai pertanian.

Tempat ini sebenarnya sudah ada sejak pertengahan 2017. Kelompok para petani (Pasedulur Tani) yang mengelolanya. Menyajikan beragam jenis pertanian, mulai dari ladang, holtikultura, hidroponik, persawahan, perikanan hingga perternakan sapi.

Bagi Anda yang ingin refresing dengan memilih liburan akhir pekan, berkunjung ke Bale Tani merupakan pilihan yang tepat. Karena terdapat fasilitas menarik di sana, seperti rumah pohon, rumah kelinci, tembok grafiti dan beberapa gazebo yang sengaja didesain mirip kamar pengantin berada di pinggir sawah.

Baca Juga: Asyiknya Pramugari Anisa Fajar Berendam di Bathtub, Netizen: Ngintip Dikit Boleh Kali

bale tani

(Foto: Instagram sylviaoctavia_)

Di lokasi ini, terdapat pula payung-payung berwarna warni bergantungan dan susunan bunga hias yang membentuk pola hati setinggi dua meter. Serta dilengkapi sepeda yang dipadukan wana putih dan pink di depannya untuk para pengunjung berpose.

Jika ingin berfokus mengambil foto di berbagai spot, sebaiknya jangan berkunjung saat weekend atau hari libur nasional. Disarankan datang pada hari biasa atau weekday, karena cenderung tidak banyak pengunjung.

“Tempat buat selfie bagus-bagus, tapi untuk foto di sepeda sama rumah pohon antriannya cukup panjang apalagi pas libur,” dikutip Okezone dari channel YouTube Tiga Sedulur.

Selepas itu, pengujung bisa menyinggahi Bale Kempal, Bale Ageng, Bale Bengok, Bale Pijat, dan Bale Dahar. Setiap bale memiliki ciri khas tersendiri. Jadi, pengunjung tinggal memilih akan singgah di bale mana sesuai kebutuhan.

Bale Kempal digunakan untuk pertemuan di dalam ruangan dengan jumlah anggota banyak. Pengelola menyewakannya untuk umum. Berbeda dengan Bale Ageng yang terletak di luar ruangan biasanya dipakai sebagai panggung pertunjukan.

sawah

(Foto: Instagram indrianawahyu_n99)

Pengunjung juga dapat menikmati karaoke di Bale Bengok, kemudian yang ingin menikmati pijatan setelah lelah berkeliling bisa masuk ke Bale Pijat. Satu lagi, tempat untuk mengisi perut keroncongan sesuai namanya bisa menuju Bale Dahar.

Pada momen tertentu pihak Bale Tani juga mengadakan festival. Ada festival jajanan durian dan festival kopi yang berlangsung pada Sabtu dan Minggu.

Daya tarik festival tersebut sangat memanjakan pengunjung dengan olahan bahan utama durian dan kopi yang bisa langsung dinikmati di lokasi ataupun dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

“Banyak olahan makanannya, jadi bisa memilih-milih. Sayangnya, festival cuma dua hari,” ucap Lia seorang pengunjung.

Agrowisata Bale Tani terletak di Jalan Dokter Soetomo, Serning, Banjaragung, Kec. Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Untuk harga tiket masuknya dikenai biaya Rp10.000 per orang. Sudah termasuk berenang di kolam untuk anak-anak, cukup dengan menunjukkan gelang yang dibeli di pintu masuk.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini