Negara Paling Bahagia Selama Pandemi Covid-19, Indonesia Masuk?

Fatha Annisa, Jurnalis · Rabu 24 Maret 2021 12:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 24 406 2383085 negara-paling-bahagia-selama-pandemi-covid-19-indonesia-masuk-w4beWa7a4x.jpg Finlandia. (Foto: Freepik)

TERLEPAS dari tantangan dan ketidakpastian yang diciptakan oleh pandemi Covid-19 selama setahun terakhir, Finlandia tetap mempertahankan statusnya sebagai negara paling bahagia di dunia.

Menurut World Happiness Report 2021 yang dirilis pada hari Jumat 19 Maret 2021, di antara 10 negara paling bahagia, 9 adalah negara di Eropa. Peringkat pertama ditempati Finlandia. Lalu diikuti Denmark, Swiss, Islandia, Belanda, Norwegia, Swedia, Luksemburg, Slandia Baru dan Austria.

“Kami menemukan tahun demi tahun bahwa kepuasan hidup dilaporkan paling bahagia di negara-negara demokrasi sosial di Eropa utara. Orang-orang merasa aman di negara-negara itu, jadi tingkat kepercayaannya tinggi. Pemerintah dipandang kredibel dan jujur. Kepercayaan satu sama lain juga tinggi,” kata salah satu penulis laporan Jeffrey Sachs kepada The Associated Press, sebagaimana dilansir dari Fox News.

Baca Juga: Viral Warga Berburu Emas di Pantai Maluku, Bawa Wajan hingga Karpet

Laporan tahun ini dibuat oleh Jaringan Solusi Berkelanjutan PBB dan memeringkat 149 negara berdasarkan produk domestik bruto per orang, harapan hidup sehat, dan pendapat penduduk.

 finlandia

Peringkat ini juga didapat dari hasil survei responden. Mereka diminta untuk menunjukkan pada skala 1-10 seberapa besar dukungan sosial yang mereka rasakan jika terjadi kesalahan, kebebasan mereka untuk membuat pilihan hidup mereka sendiri, perasaan mereka tentang seberapa korup masyarakat mereka dan seberapa baik mereka.

Menurut siaran pers, laporan tersebut biasanya mencakup data dari survei tiga tahun sebelumnya untuk meningkatkan ukuran sampel dan menjaga batas kepercayaan lebih kecil.

Namun tahun ini, analis juga membuat daftar terpisah dari negara paling bahagia hanya berdasarkan hasil dari tahun 2020 untuk melihat bagaimana keadaan negara selama pandemi, terpisah dari tahun-tahun sebelumnya.

Finlandia juga menempati posisi teratas dalam daftar tersebut, diikuti oleh Islandia, Denmark, Swiss, Belanda, Swedia, Jerman, Norwegia, Selandia Baru, dan Austria.

Dalam laporan pers, penulis laporan tersebut mengemukakan bahwa faktor terpenting untuk kebahagiaan adalah kepercayaan orang satu sama lain dan kepercayaan pada pemerintah mereka.

"Kami perlu segera belajar dari Covid-19. Pandemi mengingatkan kita pada ancaman lingkungan global kita, kebutuhan mendesak untuk bekerja sama, dan kesulitan mencapai kerja sama di setiap negara dan secara global,” kata Sachs dalam sebuah pernyataan.

"World Happiness Report 2021 mengingatkan kita bahwa kita harus bertujuan untuk kesejahteraan daripada sekadar kekayaan, yang memang akan cepat berlalu jika kita tidak melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik dalam mengatasi tantangan pembangunan berkelanjutan," tambahnya.

Sementara itu, Indonesia menempati posisi ke-83 dari total 150 negara dalam laporan negara paling bahagia 2021 itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini