Bagaimana Pramugari Beribadah kalau Terbang Terus, Penasaran?

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Kamis 25 Maret 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 24 406 2383525 bagaimana-pramugari-beribadah-kalau-terbang-terus-penasaran-2m7UHL12gw.jpg Ilustrasi. (Foto: Britishmoslem)

MENJADI awak kabin tentunya membutuhkan perjuangan ekstra. Meski harus melayani penumpang berjam-jam, pramugari juga wajib beribadah.

Seorang mantan pramugari, Hani Nugroho, mengungkapkan cara ibadah pramugari di situs tanya jawab Quora pada 25 September 2020. Berikut ulasannya yang Okezone tulis pada Selasa, (16/03/2021).

Baca Juga: Pesawat Turbulensi Parah, Seorang Pramugari Cedera Serius

Ketentuan beribadah

Hani yang merupakan mantan pramugari Garuda Indonesia mengaku maskapainya tersebut ramah dan tidak melarang awak kabinnya sholat saat bertugas. Ia juga sering melihat teman-temannya sesama muslim tak ada kendala dalam menjalankan ibadahnya. Ia merasa bersyukur karena menurutnya terkadang ada maskapai yang melarang crew-nya sholat di pesawat dengan berbagai macam alasan.

“Tidak ada alasan untuk "sengaja" meninggalkan sholat. Banyak teman kerja saya baik Pramugara/i, bahkan Pilot, Co-pilot tetap menjaga sholat 5 waktu meski sedang bertugas,” ungkapnya

“Jadi pinter-pinter mencari waktu, kalau tidak sesuai waktu bisa jamak qashar karena kita sedang safar.”

Tempat sholat

Pesawat memiliki ruangan yang cukup sempit. Lalu, di manakah pramugari dan awak kabin lainnya sholat?

“Awak kabin bisa mengambil seat kosong di belakang, biasanya sangat jarang penumpang full. Kalaupun full bisa sambil duduk di jump seat, dengan ditutupi gorden pesawat. Saya pernah beberapa kali melihat Kapten saya sholat di pesawat,” kata Hani.

Jika mendapat jadwal penerbangan pagi yang take offnya subuh, pramugari dan pramugara beserta pilot sering sholat di dalam bus yang mengantarkan mereka menuju bandara.

“Saya melihat kapten, FO kadang sholat di bus menuju bandara setempat. Dan wudhu nya pasti tayamum ya. Kecuali di kantor atau hotel setelah tiba,” tambahnya.


Waktu sholat

Meski jam penerbangan sibuk biasanya awak kabin akan bergantian dalam beribadah. Biasanya awak kabin akan saling meminta izin pada yang lain jika ingin beribadah. Sholat biasanya dilakukan pada saat penerbangan. Jika penerbangan jarak jauh, bisa setelah selesai service atau saat istirahat.

“Kalo short flight seperti domestik PP bisa setelah landing, atau ketika menunggu pesawat sedang dibersihkan, menunggu penumpang boarding,” kata Hani

“Sholat nggak sampe 5 menit kok. Bagaimanapun tugas mengawasi cabin, loading makanan, cleaning pesawat tetap harus dijaga ketat,” tambahnya

“Jadi sangat banyak crew pesawat menjaga sholat 5 waktu, saya pun belajar dari para senior saya. Alhamdulillah ketemu contoh yang baik dan memotivasi.”

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini