Wisata Pulau Biawak, Surga Tersembunyi di Indramayu Tempatnya Pesugihan

Elvina Maharani Putri, Jurnalis · Rabu 24 Maret 2021 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 24 408 2383467 wisata-pulau-biawak-surga-tersembunyi-di-indramayu-tempatnya-pesugihan-pkknVgDvQb.jpg Wisata Pulau Biawak. (Foto: Instagram ayodolan)

WISATA Pulau Biawak, surga tersembunyi di Laut Jawa, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Tepatnya di sebelah utara semenanjung Indramayu, sekitar 40 kilometer dari pantai utara Indramayu.

Rupanya sebelum dikenal sebagai Pulau Biawak, tempat ini sudah memiliki nama sendiri, yakni Pulau Rakit. Namun, karena pulau ini menjadi habitat satwa biawak hingga mencapai ratusan, maka dari itu kebanyakan orang lebih akrab dengan sebutan Pulau Biawak.

Pulau Biawak juga menyimpan sederet mitos. Salah satunya jika Anda menjumpai kepiting yang ukurannya sekira 30 cm dan berjalan sangat lamban, jangan ditangkap ataupun diganggu, apalagi dikonsumsi. Jika tidak diganggu, Anda akan mendapat rejeki yang sangat besar kelak.

Baca Juga: Eksplor Majalengka, Yuk Main ke Situ Cipanten Viral di TikTok

pulau

(Foto: Instagram dikadityap)

Selain itu, pulau ini juga sering dijadikan sebagai tempat pesugihan bagi para manusia yang sesat. Duh, ada-ada saja!

Sayangnya, keindahan dan keeksotisan pulau ini belum terekspos lebih jauh. Sehingga pulau ini bak surga tersembunyi di Kota Mangga.

Saat berkunjung ke Pulau Biawak, Anda langsung disambut dengan birunya air laut, membuat siapapun bergegas ingin menyelaminya.

Ditambah dengan terumbu karang, ikan hias dan lainnya benar-benar masih asri serta hamparan pasir putih menambah eksotisme pulau ini. Benar-benar nyaman dan damai saat berada di sini.

Anda juga bisa melakukan kegiatan mengasyikkan di pulau tersebut. Mulai dari snorkeling, main air atau pasir di tepi pantai, menikmati sunrise atau sunset, yang bisa melepas penat dari ramainya perkotaan.

Asyiknya lagi, Anda juga bisa naik ke atas mercusuar setinggi lebih dari 65 meter, yang dibangun pada masa penjajahan Belanda pada 1872.

Selain itu, Anda juga bisa menyebrangi Pulau Gosong dan Pulau Candikian yang ada di dekat Pulau Biawak lho! Meskipun begitu, jika dibandingkan dengan kedua pulau tersebut, Pulau Biawak jauh lebih cantik, karena keasriannya yang benar-benar masih terjaga.

Sebagai informasi, biaya paket wisata ke Pulau Biawak bervariasi tergantung pada fasilitas yang didapat. Biasanya, fasilitas hanya berupa transportasi PP ke Pulau Biawak tarifnya sekira Rp250 ribu.

Bagi Anda yang ingin bermalam di pulau, ada penginapan dengan tarif tertentu. Akan tetapi, penginapan di sini terbilang masih minim fasilitas, sehingga Anda harus menyiapkan perbekalan yang banyak, Seperti minuman, makanan serta peralatan yang sekiranya Anda butuhkan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini