Wisata Puncak yang Lagi Viral, Netizen: 26 Tahun di Jakarta Gak Nyangka Ada Tempat Bagus

Natalia Christine, Jurnalis · Kamis 25 Maret 2021 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 25 408 2383970 wisata-puncak-yang-lagi-viral-netizen-26-tahun-di-jakarta-gak-nyangka-ada-tempat-bagus-KnF7YcuxTO.jpg Wisata Kebun Raya Cibodas. (Foto: Instagram)

MENJALANI masa pandemi yang belum kunjung usai, memilih berwisata di alam terbuka menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk melepas penat. Salah satu tempat yang dapat Anda kunjungi ialah Kebun Raya Cibodas.

Kebun Raya ini terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur.

Cibodas

Kebun Raya ini didirikan oleh Johannes Ellias Teijsmann, seorang curator Kebun Raya Bogor pada 11 April 1852.

Awalnya, tempat ini dibuka untuk aklimatisasi jenis-jenis tumbuhan yang berasal dari luar negeri dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Salah satu tumbuhan tersebut adalah pohon Kina (Cinchona calisya).

Lalu, tempat ini berkembang menjadi bagian dari Kebun Raya Bogor dengan nama cabang Balai Kebun Raya Cibodas.

Tanaman yang terdapat di tempat ini yaitu tanaman anggrek, kaktus, paku pakuan, liana, gesneriaceae, dan lain lain. Luas kebun raya ini kurang lebih 80 hektar dengan suhu udara 17 hingga 27 derajat celcius. Enggak, kebayang ya, travelers betapa sejuk dan segarnya udara tempat ini?

Fasilitas yang disediakan ditempat ini berupa area parkir yang luas, mushola, toilet, shelter, pendopo, teater alam terbuka, area bermain anak anak, camping ground dengan luas 3 hektar yang dapat menampung 200 tenda, dan sebagainya.

“26 tahun tinggal di Jakarta baru tahu klo dipuncak ada tempat sebagus ini, ternyata Indonesia tuh ga kalah loh sama luar negeri,” dikutip Okezone dari postingan akun instagram @jktfooddestination.

Kebun Raya Cibodas memiliki beberapa taman, diantaranya yaitu taman sakura, taman obat, taman rhododendron, taman lumut, taman liana dan rumah kaca. Namun yang paling banyak menarik wisatawan adalah rumah kaca.

Selain untuk mengabadikan gambar, wisatawan juga dapat melihat berbagai jenis tanaman. Tanaman tersebut meliputi anggrek, kaktus, dan tanaman langka lainnya. Rumah kaca tersebut menampung hampir 4.000 contoh tanaman dari 350 jenis kaktus, 360 jenis anggrek.

Untuk dapat berkunjung ke tempat ini, travelers cukup membayar tiket seharga Rp16.500. Jam operasional tempat ini dimulai pukul 08.00 hingga 18.00 setiap hari.

Selain rumah kaca, tempat yang paling menarik minat pengunjung yaitu Air Terjun Ciismun.

Air yang mengalir di tempat ini tidak begitu deras, begitu juga dengan sungai di sekitarnya. Bermain air sambil basah basahan disekitar air terjun sangat menyegarkan dan menghilangkan pegal pegal di kaki pasca trekking panjang.

Untuk melengkapi keseruan berwisata, wisatawan juga bisa menyewa kuda untuk dinaiki sambil menikmati kesejukan taman raya yang satu ini. Gimana travelers? Tertarik untuk mengunjunginya?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini