Turis Terciduk Selundupkan Emas Senilai Rp5,7 Miliar di Rambut Palsu dan Anus

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Jum'at 26 Maret 2021 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 26 406 2384614 turis-terciduk-selundupkan-emas-senilai-rp5-7-miliar-di-rambut-palsu-dan-anus-ZrVYIKVorS.jpg Ilustrasi emas (Shutterstock)

DUA turis diciduk pihak berwenang di bandara karena ketahuan menyelundupkan emas serta barang berharga senilai hampir USD400.000 atau sekitar Rp5,7 miliar. Emas itu disembunyikan di bawah rambut palsu (wig), kaus kaki bahkan anus pelaku.

Kedua pria ditangkap saat mendekati pintu keluar Bandara Internasional Chennai, India. Petugas keamanan awalnya curiga melihat gaya rambut kedua turis agak aneh. Kemudian langsung menghentikan kedua pria.

Baca juga:  Langka, Air Terjun Ini Bisa Berubah Warna

Melansir Fox News, Jumat (26/3/2021), petugas lalu menggeledah tersangka dan ditemukan di bawah wig yang dikenakan traveler tersebud terdapat emas batangan seberat 1,5 ponds.

South West News Service melaporkan bahwa paket-paket itu rupanya telah ditempelkan di kepala para tersangka yang kemudian berusaha menyembunyikannya di bawah rambut palsu.

 

Ketika para tersangka digeledah, pihak berwenang menemukan potongan emas, uang tunai, dan barang terlarang lainnya yang disembunyikan di seluruh tubuh mereka. Emas dilaporkan juga ditemukan di kaus kaki mereka dan bahkan di dubur mereka.

Baca juga:  Wisata Hiu Paus di Bone Bolango, Berenang Seru Bersama The Gentle Giant

Kedua pria tersebut yang diidentifikasi sebagai Magroob Akbarali dan Zubair Hassan Rafiyutheen ditangkap saat masih berada di terminal, pada 21 Maret 2021. Mereka dikabarkan baru saja tiba dari Dubai, Uni Emirat Arab.

Pihak berwenang kemudian menyita emas dan uang tunai senilai sekitar USD382.943 atau sekitar Rp5,5 miliar.

Emas yang disembunyikan di balik rambut palsu bukanlah barang paling aneh yang disita di bandara.

Pada akhir Februari 2021, Administrasi Keamanan Transportasi (TSA) menerbitkan daftar 10 "tangkapan bagus" teratasnya pada tahun 2020, merinci beberapa barang terlarang yang sangat berbahaya dan sangat aneh yang terdeteksi oleh petugasnya sepanjang tahun.

Di antara 10 barang teratas yang disita dari para pelancong, petugas TSA menangkap penumpang yang membawa senjata termasuk katapel (nomor 10) dan buku berisi pisau tersembunyi (nomor 9), serta beberapa barang terlarang yang mencolok seperti seikat lilin roman ( nomor 8 ) dan granat asap ( nomor 7).

Barang temuan nomor 6 berubah menjadi aneh, karena petugas TSA tampaknya perlu membebaskan wisatawan dari bayi hiu yang mati, yang ditemukan mengambang dalam pengawet kimia yang dianggap terlalu berbahaya untuk perjalanan udara. Pada tahun 2020, personel keamanan TSA juga dipaksa membongkar benda yang tampak seperti bom pipa, hanya untuk menemukannya sebagai "kotak tembakau buatan sendiri untuk cerutu wisatawan" (no 5).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini