Petugas ATC Bandara Pergoki Pilot Berkata Kasar, Kelewatan Banget!

Elvina Maharani Putri, Jurnalis · Sabtu 27 Maret 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 26 406 2384800 petugas-atc-bandara-pergoki-pilot-berkata-kasar-kelewatan-banget-lLdJR07lZH.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

SEJATINYA kru pesawat harus bersikap sopan serta profesional selama bekerja. Namun, pilot satu ini malah berkata kasar yang sadis di mikrofon, yang terhubung langsung ke Air Traffic Controller (ATC) Bandara Internasional Mineta San Jose.

Air Traffic Controller itu sendiri memiliki peran penting dalam kelancaran arus lalu lintas penerbangan. ATC adalah rekan kerja terdekat pilot selama di udara, peran ATC sangat besar dalam mencapai tujuan keselamatan penerbangan.

Pilot itu adalah seorang karyawan dari Southwest Airlines. Seorang juru bicara perusahaan tidak mengidentifikasi pilot tetapi mengatakan bahwa mereka sepenuhnya menangani situasi ini secara internal.

 atv

"Budaya perusahaan kami dibangun di atas prinsip memperlakukan orang lain dengan perhatian dan martabat dan komentar tersebut tidak sesuai dengan perilaku profesional dan rasa hormat secara keseluruhan yang kami tuntut dari karyawan kami," kata juru bicara melansir SFGATE, Sabtu (27/3/2021).

Baca Juga: Pramugari Dara Agung Pakai Kebaya Ketat, Netizen: Jadi Bini Abang Aja Yuk

"Situasi ini adalah insiden terpisah yang melibatkan satu karyawan dan bukan mewakili hampir 60.000 orang yang bekerja keras dan terhormat di Maskapai Southwest," tambahnya.

Sebagai kebijakan, FAA tidak mengidentifikasi subjek investigasi. Tetapi Will Lawton, seorang pilot swasta yang berbasis di SJC yang secara rutin mendengarkan Live ATC melaporkan dan tahu betul maskapai mana yang terlibat kejadian tersebut.

"Pendapat saya adalah bahwa suara yang berbicara selama situasi mikrofon macet cocok dengan suara di bagian akhir yang mengatakan 'Southwest 531 siap berangkat,'" tulis Lawton dalam pesan Twitter.

"Mengenai apakah itu kapten atau perwira pertama, tidak ada cara untuk mengetahuinya, dan hanya Southwest yang memiliki catatan tentang pilot apa yang mengerjakan penerbangan apa pada hari itu," lanjutnya.

"Itu hanya membuat saya sedih dan marah mendengar orang-orang yang diharapkan menjadi profesional dalam menangani masyarakat umum bertindak dengan cara ini," tutupnya.

Dalam rekaman pada 12 Maret, pilot berkata berulang kali, "F**k" dan "s*al*n." Dia kemudian melanjutkan, membuat beberapa komentar kata-kata kutukan sebelum disela oleh orang lain, yang tampaknya menjadi pengawas lalu lintas udara.

Audio diarsipkan secara online di Live ATC, sebuah situs web yang menyiarkan langsung transmisi audio kontrol lalu lintas udara. Meskipun audionya tidak jelas dan konteks ucapannya tidak jelas, pilot dapat terdengar berulang kali mengumpat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini