Menengok Kerajaan Penguin Terkecil di Dunia, Gemas Deh!

Natalia Christine, Jurnalis · Sabtu 27 Maret 2021 00:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 26 408 2384762 menengok-kerajaan-penguin-terkecil-di-dunia-gemas-deh-l57qA9pDuD.jpg Kerajaan penguin terkecil. (Foto: Instagram lizzychin)

UMUMNYA penguin tingginya sekira 1,1 hingga 1,3 meter. Namun di lepas pantai Melbourne, kota kedua di Australia terdapat penguin peri, tingginya cuma 30,5 sentimeter.

Penguin peri atau yang dikenal dengan penguin kecil merupakan penguin terkecil dan paling menggemaskan di dunia. Mereka biasa membuat rumah di dalam bukit pasir pantai.

Dinamakan penguin kecil karena bentuk tubuhnya yang kecil. Populasi penguin kecil terbanyak terdapat di Philip Island. Di pulau ini, upaya konservasi memungkinkan para wisatawan untuk melihat hewan kecil di alam liar.

Bukan hanya satu atau dua penguin, tetapi mencapai ratusan penguin yang bergoyang goyang setinggi 30 sentimeter dan tampak berbulu.

“Kegembiraan kecil Senin lalu di Philip Island saat kami menyaksikan Penguin kecil muncul dari perairan, berkumpul dalam kelompok sebelum menuju rumah mereka 🐧 salah satu pemandangan paling spektakuler yang pernah kami lihat ☺️,” dikutip Okezone dari postingan akun Instagram @lizzychin.

 penguin

(Foto: Instagram susanne.ellemans)

Lebih dari 4.000 penguin peri melakukan perjalanan kembali ke lubang kecil yang mereka bangun setiap malam di Phillip Island. Diperkirakan jauh lebih banyak penguin peri yang memilih hidup di perairan sekitar pulau.

Dengan jumlah 32.000 penguin yang ada, menjadikan Pulau Phillip salah satu tempat tinggal penguin yang terbesar di dunia.

Penguin-penguin kecil ini menghabiskan 80 persen hidupnya berenang di perairan dingin untuk mencari ikan kecil seperti ikan teri dan cumi-cumi. Sedangkan sisanya mereka gunakan untuk berkembang biak di darat, berganti kulit, memberi makan anak anaknya, dan beristirahat di lubang kecil selama berhari-hari atau bahkan berada di laut selama berbulan bulan.

Penguin peri rentan terhadap predator seperti burung laut dan burung camar. Mereka akan berkumpul dalam kelompok yang disebut rakit, tepat setelah matahari terbenam.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke pulau ini dapat menyaksikan Parade Penguin. Parade Penguin dapat disaksikan sepanjang tahun dengan jumlah penguin yang datang ke darat bervariasi. Penguin dapat dilihat lebih banyak selama musim panas, sedangkan pada musim dingin, banyak penguin yang memilih tinggal di laut untuk menimbun ikan.

Karena penguin peri menyukai cuaca yang lebih dingin, mereka lebih mudah ditemukan di selatan Sydney di East Coast Australia, selatan Perth di West Coast, dan sepanjang garis pantai South Australia. Namun, populasi Penguin Peri terbesar tetap berada di Pulau Phillip.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini