Wisatawan Sudah Divaksin COVID-19 Bisa Liburan ke Thailand Tanpa Karantina

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Sabtu 27 Maret 2021 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 27 406 2384949 wisatawan-sudah-divaksin-covid-19-bisa-liburan-ke-thailand-tanpa-karantina-ApkxuWNu7S.jpg Pantai Patong, Phuket, Thailand (Instagram @indonesiapass)

THAILAND mengizinkan orang asing yang telah divaksin COVID-19 untuk mengunjungi pulau resor selatan Phuket tanpa menjalani karantina lebih dulu. Hal ini sebagai langkah untuk menghidupkan kembali industri pariwisata yang terpuruk akibat pandemi virus corona.

Mulai April 2021, Thailand memperpendek periode karantina untuk kedatangan dari luar negeri, yakni dari 14 menjadi 10 hari.

Baca juga: Elephant Day, Puluhan Gajah Pesta Buah

Sementara mulai 1 Juli, saat target vaksinasi sudah mencapai 70%, Phuket sebagai daerah tujuan utama wisata di Thailand direncanakan menerapkan bebas karantina bagi wisatawan asing. Jika berhasil, kebijakan ini akan diperluas ke destinasi lain.

“Rencana untuk Phuket akan dimulai pada 1 Juli, dan jika dinilai berhasil, mungkin termasuk tujuan populer lainnya seperti Pulau Samui, Krabi, Pattaya dan Chiang Mai pada bulan Oktober,” kata Yuthasak Supasor, Kepala Otoritas Pariwisata Thailand dilansir dari Associated Press, Sabtu (27/3/2021).

Industri pariwisata Thailand mengering ketika penerbangan penumpang terjadwal ke negara itu dilarang pada April 2020 untuk mengekang penyebaran virus corona. Sejak saat itu, penerbangan dimulai kembali secara terbatas.

Baca juga: Backpacker ke Thailand, Yuk Jelajahi Kawasan Kota Tua Phuket

Pusat Administrasi Situasi Ekonomi Thailand yang diketuai oleh Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha menyetujui rencana Phuket bebas karantina bagi turis yang sudah divaksin pada Jumat.

Namun, hal ini masih membutuhkan persetujuan akhir dari Gubernur Phuket dan Pusat Administrasi Situasi COVID-19.

Thailand tahun lalu berulang kali membatalkan berbagai rencana pembukaan kembali pariwisata karena pandemi meluas ke luar negeri.

Bagian dari rencana untuk mewujudkan "kotak pasir pariwisata" melibatkan penyuntikan vaksin setidaknya 450.000, atau 70%, penduduk Phuket sebelum pembukaan kembali Juli. Inokulasi diharapkan dimulai pada bulan April.

Jika semua berjalan lancar, diharapkan sekitar 100.000 wisatawan bisa disambut pada kuartal ketiga tahun ini.

Sebelum pandemi, Phuket adalah tujuan paling populer kedua di negara itu setelah Bangkok. Pada 2019, negara itu menyambut sekitar 10 juta turis asing dan menghasilkan pendapatan 470 miliar baht ($ 15 miliar).

Menurut Asosiasi Hotel Phuket, lebih dari 50.000 karyawan di sektor perhotelan kehilangan pekerjaan mereka tahun lalu.

Perekonomian Thailand terpukul parah oleh pandemi COVID-19, tetapi Prayuth mengatakan pada hari Jumat bahwa berkat paket stimulus keuangan dan rencana vaksinasi pemerintahnya, ia optimis bahwa negara tersebut dapat mencapai pertumbuhan PDB 4% tahun ini, dibandingkan dengan kontraksi 6,1%. pada tahun 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini