Festival Bunga Sakura, Hajatan Terbesar dan Simbol Persahabatan 2 Negara

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Minggu 28 Maret 2021 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 27 406 2385069 festival-bunga-sakura-hajatan-terbesar-dan-simbol-persahabatan-2-negara-AMLU9tL1UK.jpg Bunga sakura mekar di Jepang (Reuters)

BANYAK negara di seluruh dunia merayakan musim semi dengan festival yang indah, menyambut kehangatan dan kehidupan baru yang dibawanya. Amerika Serikat juga memiliki festival musim semi sendiri.

Namanya Festival Bunga Sakura Nasional. Ini adalah festival musim semi terbesar di Amerika Serikat dan diadakan di Washington, D.C, selama empat pekan.

Selain menyambut musim semi dan indahnya bunga sakura yang bermekaran di sekitar kota, festival ini juga memperingati persahabatan antara Amerika dengan Jepang.

Baca juga: 17 Destinasi Wisata Menikmati Bunga Sakura di Indonesia, Jepang hingga Korea

Pada 1912, Wali Kota Yukio Ozaki dari Tokyo menghadiahkan 3.000 pohon sakura dari Jepang ke Kota Washington untuk menghormati persahabatan antara Jepang dan Amerika Serikat.

Ibu negara, Helen Taft, dan Iwa Chinda, istri duta besar Jepang saat itu, mengarahkan penanaman di Tidal Basin, salah satu bagian kota yang paling banyak difoto hingga hari ini.

Dilansir dari Texarkana Gazette, Sabtu (27/3/2021), Festival Bunga Sakura Nasional dimulai pada 1927 dan sekarang telah berusia hampir 100 tahun. Menjadi tuan rumah bagi wakil dari Jepang dan AS, hal ini tetap merupakan lambang persahabatan dan niat baik internasional.

Tahun 2021, karena masih pandemi COVID-19, beberapa kegiatan festival diadakan secara virtual di situs web festival.

Festival bahkan menampilkan Bloom Cam bagi mereka yang ingin merasakan keindahan mekarnya sendiri. Festival ini dimulai 20 Maret dan berakhir 11 April 2021. Puncak mekar tahun ini diperkirakan sekitar 2-5 April.

Baca juga: Indahnya Pemandangan Bunga Sakura di Taman Nara saat Pandemi Corona

Jika Anda tertarik bepergian untuk berpartisipasi dalam festival, anda bisa lihat daftar hotel yang berpartisipasi di situs web festival. Ada beberapa hotel bersejarah yang indah yang benar-benar mencerminkan masa lalu, sementara yang lain memberi penghormatan pada budaya kota yang memandang ke depan. 

Peserta dapat menikmati upacara pembukaan dimeriahkan dengan artis dari Jepang dan Washington, D.C. dari rumah mereka pada 20 Maret. Pesta Dasi Merah Muda 26 Maret, serta pertunjukan perayaan 9 April, juga akan diadakan secara virtual.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini