Punya Hubungan Historis dengan Australia, Banyuwangi Bersiap Jadi Destinasi Internasional

Antara, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 406 2385652 punya-hubungan-historis-dengan-australia-banyuwangi-bersiap-jadi-destinasi-internasional-bZVuAAjM7d.JPG Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandiani Azwar Anas (Foto: Instagram/@ipukfdani)

BUPATI Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas menyampaikan terima kasih atas perhatian pemerintah pusat pada pengembangan wisata daerah, khususnya di wilayah itu.

"Terima kasih kepada pemerintah pusat yang terus menaruh perhatian pada pengembangan pariwisata daerah. Pengembangan Pantai Marina Boom akan menjadi kesempatan baru untuk Banyuwangi. Apalagi jalan tol akan segera dibangun menghubungkan seluruh Pulau Jawa," kata dia, Minggu, 28 Maret 2021 kemarin.

Ipuk menyatakan siap mendukung pengembangan kawasan wisata Pantai Marina Boom menjadi objek wisata internasional. Pantai Marina Boom lanjutnya, sangat kuat secara historis, dan menyimpan jejak panjang dengan Kota Broome, Australia Barat.

Baca juga: Cantiknya Pramugari Sherin, Siap Ajak Kamu Terbang Kemana Aja

Infografis Wisata Banyuwangi

Kedua kota tersebut pernah terkoneksi pada awal abad 18 dalam satu jalur kabel telegram bawah laut yang dibangun Inggris, mulai dari Eropa hingga Australia.

Ipuk melanjutkan, kantor operator telegram di Banyuwangi dan Broome memiliki kesamaan arsitektur. Nama Banyuwangi juga tertera dengan jelas di dokumen kontrak pemasangan kabel bawah laut dengan tajuk "Banyuwangie and Australia Western Cable". Dokumen tersebut masih tersimpan di museum Kota Broome.

"Kuatnya historis antara Banyuwangi dan Australia, kami yakini akan menjadi daya tarik sendiri bagi pemilik kapal pesiar (yacht) untuk berlayar ke Banyuwangi," ujarnya.

Sekadar informasi, Pantai Marina Boom dikelola anak perusahaan PT Pelindo III, PT Pelindo Properti Indonesia. Komisaris Utama PT Pelindo III, Marsetio melakukan pertemuan dengan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dalam rangka membahas pengembangan Pantai Marina Boom menjadi objek wisata internasional. Turut dalam pertemuan Direktur Utama Pelindo III Boy Robyanto, Direktur Utama PT Pelindo Properti Indonesia, Edward.

"Kami datang kemari menindaklanjuti perintah Pak Luhut (Menko Marves). Kami mau jadikan ini internasional. Kami juga bawa konsultan yang sudah biasa mengembangkan pariwisata Indonesia menjadi daya tarik wisata internasional," kata Marsetio.

Pengembangan objek wisata internasional ini masih terkait program pemerintah tentang pemulihan ekonomi nasional. Diperkirakan pada Juli 2021 ini pariwisata dunia sudah bergerak dan Indonesia sudah mulai menyiapkan diri dari sekarang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini