Share

Luput dari Maut, Gerombolan Penyu Muda Dilepas ke Teluk Meksiko

Fatha Annisa, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 406 2385676 luput-dari-maut-gerombolan-penyu-muda-dilepas-ke-teluk-meksiko-P2PXgxjqiy.JPG Gerombolan penyu muda dilepasliarkan ke Teluk Meksiko (Foto: AP)

KAWANAN penyu muda dilepasliarkan ke Teluk Meksiko dari Louisiana. Hal itu merupakan tindak penyelamatan bagi para penyu di musim dingin yang nyaris merenggut nyawa mereka.

Belasan penyu yang dirilis belum lama ini di Grand Isle termasuk di antara lebih dari 1.100 penyu yang pingsan pada musim gugur di New England.

Para ahli menyebut bahwa perubahan iklim berkontribusi pada peristiwa itu. Ribuan orang di luar Texas pada Februari dikejutkan oleh badai musim dingin yang menewaskan sedikitnya 20 orang.

Baca juga: Melihat Dari Dekat Konservasi Penyu di Pulau Pahat

Prosesi pelepasan penyu inipun disaksikan sejumlah orang yang enggan melewatkan momen itu. Saat kotak kardus diletakkan, penyu seukuran piring makan itu mulai menggaruk sisi dan mengeluarkan hidung mereka dari cangkang. Sirip depan mereka pun bergejolak dengan liar saat diangkat.

โ€œMereka seperti (mengatakan) 'biarkan saya masuk!'โ€ ungkap Koordinator Penyelamat dan Rehabilitasi Penyu Laut Audubon Nature Institute, Gabriella Harlamert, seperti melansir US News.

Penyu menjadi beku dan lesu saat suhu air di sekitarnya turun begitu cepat, sehingga mereka tidak bisa berenang ke perairan yang lebih hangat. Hawa dingin saja bisa membunuh mereka. Ini juga dapat menyebabkan pneumonia, syok, dan radang dingin.

"Penyu yang dilepaskan pekan ini di Grand Isle adalah penyu punggungan Kemp, seperti kebanyakan yang terluka di New England, tempat sukarelawan menyelamatkan 775 penyu," ujar Kate Sampson, pemerhati penyu dari National Oceanic and Atmospheric Administration.

Punggungan Kemp adalah penyu terkecil yang paling terancam punah, sedangkan keenam spesies yang ditemukan di perairan Amerika dilindungi oleh Undang-Undang Spesies Terancam Punah. Sampson mengaku tak memiliki angka persis populasi mereka.

"Pada 1990-an, sekitar 100 penyu laut pingsan ditemukan setiap tahun di New England, tetapi rata-rata sekarang lebih dari 600," imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini