Traveler Bisa Sambangi Phuket Tanpa Karantina Mulai 1 Juli

Suci Wulandari Putri, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 406 2385814 traveler-bisa-sambangi-phuket-tanpa-karantina-mulai-1-juli-QeRaX6g6g8.JPG Pantai Phuket, Thailand (Foto: Instagram/@janderycke)

BAGI Anda para pelancong yang hendak berlibur ke Phuket, Thailand ada kabar baik nih. Ya, terhitung mulai 1 Juli 2021 mendatang, wisatawan mancanegara yang akan berkunjung ke sana sudah tak perlu lagi melakukan karantina mandiri terlebih dahulu. Wacana ini sudah disetujui oleh Wakil Gubernur Pichet Panapong belum lama ini.

Langkah itu diambil melihat peluang pengembangan sektor ekonomi dan pariwisata di tengah pandemi. Serta didukung hampir satu juta dosis vaksin Covid-19 untuk masyarakat. Berbagai sektor mengalami penurunan sejak pandemi Covid-19, hal ini merambat ke penghasilan penduduk lokal.

“Sebelumnya, seorang penduduk lokal berpenghasilan rata-rata sekitar 40 ribu Baht per bulan. Pada bulan Februari turun menjadi sekitar 8.000 Baht. Tanpa sedikit perubahan, ini akan turun menjadi 1.964 Baht pada bulan Juli, yang berada di bawah gars kemiskinan,” kata Panapong, seperti dikutip dari Bangkok Post.

Baca juga: Dear Traveler, Ini Aturan Baru Perjalanan Domestik Berlaku Mulai 1 April

Di Phuket terdapat 120 ribu kamar dari sekitar 600 hotel. Sebuah survei menyimpulkan bahwa orang asing memang ingin mengunjungi Phuket jika dibuka kembali tanpa karantina.

Panapong juga menambahkan, pembukaan kembali Phuket untuk wisatawan asing pada 1 Juli 2021 mendatang ini juga sudah diinstruksikan oleh Wakil Perdana Menteri Suppattanapong Punmeechaow.

Baik wisatawan asing yang nantinya berkunjung ke Phuket maupun penduduk lokal, pergerakannya akan dilacak melalui aplikasi telepon.

Untuk persediaan vaksin, Otoritas kesehatan Phuket juga sudah berencana memeroleh 930.000 dosis vaksin Covid-19 sebelum 1 Juli.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini