Ini Kunci Bangkitkan Pariwisata di Tengah Pandemi Corona

Antara, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 406 2385941 ini-kunci-bangkitkan-pariwisata-di-tengah-pandemi-corona-oYWlZ1u06m.jpg Wisata Bedugul Bali (Instagram @liburanbali)

PENERAPAN protokol kesehatan dan sertifikasi CHSE (Clean, Healthy, Safety, dan Environment) merupakan salah satu solusi untuk membangkitkan kembali industri pariwisata Indonesia di tengah pandemi virus corona.

"Sertifikasi CHSE ini bertujuan untuk mengembalikan kepercayaan wisatawan untuk kembali berkunjung ke destinasi wisata. Dengan adanya sertifikasi CHSE ini dapat dijadikan sebagai pengakuan bahwa suatu unit usaha telah memenuhi standar kesehatan, kebersihan, keselamatan dan kelestarian lingkungan," kata Direktur Hubungan Antar Lembaga, Kementerian Pariwista dan Ekonomi Kreatif, Reza Fahlevi.

Baca juga:  Dear Traveler, Ini Aturan Baru Perjalanan Domestik Berlaku Mulai 1 April

Sertifikasi CHSE ini juga merupakan sebuah upaya untuk membantu membangkitkan kembali para pelaku pariwisata kembali berjaya seperti sebelumnya. Tidak hanya untuk pemulihan industri pariwisata, tetapi juga untuk pemulihan perekonomian Indonesia, kata Reza, dalam pernyataan pers, dikutip Senin.

Direktur Badan Otoritas Pariwisata Labuan Bajo-Flores, Shana Fatina, menambahkan bahwa Kemenparekraf berharap besar seluruh pemangku kepentingan pariwisata di Labuan Bajo bersatu dan berkolaborasi memberikan berbagai ide baru dalam penyempurnaan dan pemahaman substansi rancangan panduan CHSE.

Sehingga, kata Shana, Labuan Bajo sebagai salah satu dari lima destinasi super prioritas, mampu bangkit dan membawa nama Indonesia kembali menjadi destinasi yang aman, nyaman, dan mempunyai nilai saing di panggung nasional dan internasional.

 

Berkolaborasi dengan Kemenparekraf, tiket.com selaku platform operator akomodasi dan tur, memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk memilih akomodasi yang sudah CHSE dan berlabel tiketClean, dengan hanya memilih filter Indonesia Care saat memilih akomodasi.

Baca juga:  Sambangi Pemantang Siantar, Sandiaga Uno Jajan Roti Ganda Buat Oleh-Oleh

Indonesia Care merupakan sebuah inisiatif dari Kemenparekraf yang memastikan bahwa tempat wisata dan akomodasi menerapkan protokol kesehatan dan tersertifikasi CHSE, sesuai dengan standar kesehatan, keamanan, dan kebersihan yang ditetapkan Pemerintah Indonesia dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, mengatakan pihaknya berkomitmen untuk mendukung pemulihan pariwisata, salah satunya destinasi super prioritas, yaitu Laboan Bajo, tetapi juga upaya berkelanjutan berasaskan kolaborasi bersama para regulator dan operator sehingga bisa menemukan dan menjalankan solusi mendesak.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini