Prokes dan Sertifikasi CHSE Kunci Kebangkitan Pariwisata di Masa Pandemi

Antara, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 406 2386345 prokes-dan-sertifikasi-chse-kunci-kebangkitan-pariwisata-di-masa-pandemi-OjgaCQUo04.JPG Ilustrasi (Foto: Kemenparekraf RI)

PENERAPAN protokol kesehatan dan sertifikasi Clean, Healthy, Safety, dan Environment (CHSE) dinilai sebagai solusi untuk membangkitkan kembali industri pariwisata Indonesia di tengah pandemi.

"Sertifikasi CHSE ini bertujuan untuk mengembalikan kepercayaan wisatawan untuk kembali berkunjung ke destinasi wisata. Dengan adanya sertifikasi CHSE ini dapat dijadikan sebagai pengakuan bahwa suatu unit usaha telah memenuhi standar kesehatan, kebersihan, keselamatan dan kelestarian lingkungan," kata Direktur Hubungan Antar Lembaga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Reza Fahlevi.

Sertifikasi CHSE ini kata dia, juga merupakan sebuah upaya untuk membantu membangkitkan kembali para pelaku pariwisata kembali berjaya seperti sebelumnya.

Baca juga: Kutuk Aksi Bom Katedral Makassar, Sandiaga Uno: Doa Terbaik bagi Para Korban

"Tidak hanya untuk pemulihan industri pariwisata, tetapi juga untuk pemulihan perekonomian Indonesia," imbuhnya.

Sedangkan Direktur Badan Otoritas Pariwisata Labuan Bajo-Flores, Shana Fatina, menambahkan bahwa Kemenparekraf berharap besar seluruh pemangku kepentingan pariwisata di Labuan Bajo bersatu dan berkolaborasi memberikan berbagai ide baru dalam penyempurnaan dan pemahaman substansi rancangan panduan CHSE.

Sehingga, kata Shana, Labuan Bajo sebagai salah satu dari lima destinasi super prioritas, mampu bangkit dan membawa nama Indonesia kembali menjadi destinasi yang aman, nyaman, dan mempunyai nilai saing di panggung nasional dan internasional.

Sekadar informasi, Indonesia Care merupakan sebuah inisiatif dari Kemenparekraf yang memastikan bahwa tempat wisata dan akomodasi menerapkan protokol kesehatan dan tersertifikasi CHSE, sesuai dengan standar kesehatan, keamanan, dan kebersihan yang ditetapkan Pemerintah Indonesia dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini