Kangen Mendaki Gunung Rinjani? 1 April Jalur Pendakian Dibuka

Fatha Annisa, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 15:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 406 2386549 kangen-mendaki-gunung-rinjani-1-april-jalur-pendakian-dibuka-fEAzIm50qT.jpg Gunung Rinjani. (Foto: Okezone)

GUNUNG Rinjani akhirnya dibuka kembali mulai 1 April 2021. Pemberitahuan yang disampaikan melalui situs resmi Taman Nasional Gunung Rinjani ini disambut gembira oleh para pendaki.

Sebelumnya, jalur pendakian Gunung Rinjani tutup sementara sejak 1 Januari 2021 karena pandemi Covid-19 di Tanah Air dan cuaca ekstrem yang dapat membahayakan para pendaki. Lantas pada 1 April mendatang, gunung yang berlokasi di Pulau Lombok ini bisa didaki lagi.

Wisata alam non pendakian Taman Nasional Gunung Rinjani juga kembali menerima pengunjung di tanggal yang sama. Masyarakat yang sudah tidak sabar mengunjungi taman nasional ini dapat memesan tiket secara online mulai 24 Maret 2021.

 Gunung

“Sehubungan dengan rencana pembukaan kembali kunjungan wisata alam pada destinasi wisata alam pendakian maupun non pendakian TN Gunung Rinjani pada tanggal 1 April 2021, maka Aplikasi Booking Online eRinjani mulai dapat diakses pada tanggal 24 Maret 2021,” tulis pihak TN Gunung Rinjani dalam situs web resminya.

Kunjungan wisata alam pendakian dapat dilakukan maksimal 3 hari 2 malam dengan batas kunjungan sebesar 50% dari jumlah kunjungan normal. Berikut jumlah pasti batas kunjungan setiap jalur yang disampaikan TN Gunung Rinjani:

1.Jalur pendakian Senaru dengan kuota 75 orang/hari,

2.Jalur pendakian Sembalun dengan kuota 75 orang/hari,

3.Jalur pendakian Timbanuh dengan kuota 50 orang/hari, dan

4.Jalur Pendakian Aik Berik dengan kuota 50 orang/hari.

Balai TN Gunung Rinjani juga membuka 2 jalur pendakian baru, yaitu Jalur pendakian Torean dan Jalur pendakian Tete Batu. Masing-masing jalur hanya boleh dikunjungi 30 orang per hari dengan waktu maksimal pendakian 3 hari 2 malam. Pengunjung harus tetap mengikuti protokol kesehatan serta mematuhi SOP dan aturan yang berlaku.

Pembukaan kembali ini sudah ditunggu-tunggu oleh sebagian masyarakat. Hal ini disampaikan oleh akun @donyadi yang mengaku sudah membeli tiket untuk kunjungannya pada 1 April mendatang. “sampai jumpa di tanggal 1 april min.. tiket masuk sudah ready,” tulisnya di kolom komentar Instagram resmi TN Gunung Rinjani.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini