Kursi Lontar Aktif, 3 Pilot Pesawat Pembom Rusia Tewas

Suci Wulandari Putri, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 406 2386755 kursi-lontar-aktif-3-pilot-pesawat-pembom-rusia-tewas-NrBR38QoC6.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

SEJUMLAH awak pesawat pembom Rusia mengalami tragedi selama pemeriksaan pra-penerbangan. Tiga orang pilot tewas, sedangkan satu orang selamat dari insiden dan di rawat di rumah sakit.

Insiden ini terjadi saat kursi lontar pilot tidak sengaja diaktifkan, sehingga membuat mereka terlempar ke luar pesawat, termasuk salah satunya yaitu Kolonel Vadim Beloslyudtsev, komandan unit pembom yang juga menjadi korban dalam insiden ini. Kementerian mengatakan posisi ketinggian mereka saat jatuh tidak cukup untuk membuka parasut.

Para pilot ini diketahui tengah mempersiapkan misi pelatihan ketika sistem pelontarannya tidak berfungsi dan secara tidak sengaja menembak keluar awaknya. Kejadian ini terjadi di pangkalan udara di wilayah Kaluga, sekitar 145 kilometer (90 mil) barat daya Moskow, seperti yang diwartakan Apnews.

bom

(Foto: APNews)

Baca Juga: Kutuk Aksi Bom Katedral Makassar, Sandiaga Uno: Doa Terbaik bagi Para Korban

Beberapa ahli berspekulasi bahwa insiden ini mungkin disebabkan oleh kerusakan listrik atau karena kesalahan manusia. Pasalnya kejadian ini sangat jarang terjadi.

Tu-22M3 ialah pembom jarak jauh bermesin ganda supersonik yang mampu membawa senjata nuklir. Masih terdapat sekitar 60 pesawat pembom yang dipersiapkan di angkatan udara Rusia, dan beberapa telah diterbangkan untuk misi pemboman menyerang militan di Suriah dari pangkalan mereka di Rusia.

(dwk)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini