Memalukan! Pilot Ini Terekam Sibuk Mengumpat saat Terbang

Suci Wulandari Putri, Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 406 2386914 memalukan-pilot-ini-terekam-sibuk-mengumpat-saat-terbang-Ta4nDl9UGc.JPG Ilustrasi (Foto: Pixabay)

SEORANG pilot dilaporkan berperilaku tak terpuji dengan melontarkan kata-kata tidak sopan saat terbang di Bandara Internasional Mineta San Jose, California, Amerika Serikat belum lama ini.

Kalimat yang dilontarkan pilot tersebut terdengar dari pemindai kontrol lalu lintas udara (ATC) bandara.

Ia mengatakan kalimat kasar tentang San Francisco Bay Area, seperti yang diwartakan Fox News. Pilot tersebut mengumpat tentang keadaan kota di sana dan menyinggung kaum liberal.

Baca juga: Pesawat Lagi Terbang, Penumpang Malah Coba Buka Pintu Darurat

“Orang-orang aneh mungkin sedang berkeliling di Hyndais sialan ini,” ujar sang pilot dalam rekaman yang beredar.

Kalimat 'tempat sialan' ini dianggap pihak bandara sebagai ucapan yang tidak patut. Keaslian rekaman tersebut dikonfirmasi oleh Live ATC. Namun identitas pilot dan maskapai yang bersangkutan belum terkonfirmasi.

Seluruh rekaman yang ditangkap oleh kontrol lalu lintas bandara akan diarsipkan secara online di Live ATC, sebuah situs yang menyediakan siaran langsung kendali lalu lintas udara dari menara kendali dan fasilitas radar di seluruh dunia.

Apa yang diucapkan oleh pilot tersebut dinilai sangat tidak profesional. Saat ini Federal Aviation Administration (FAA) masih menyelidiki komunikasi yang dilakukan pilot tersebut.

“Peraturan FAA melarang pilot maskapai berbicara tentang subjek yang tidak terkait dengan penerbangan yang aman saat melakukan taxi dan saat terbang di bawah ketinggian 10.000 kaki,” ujar Juru Bicara FAA, Ian Gregor.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini