Yuk Kenalan Sama Pesawat Boeing 737 Max Bareng Captain Vincent Raditya

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 406 2387037 yuk-kenalan-sama-pesawat-boeing-737-max-bareng-captain-vincent-raditya-GOoWwQNGcK.jpg Captain Vincent Raditya. (Foto: YouTube)

SEMPAT mendapat larangan terbang selama 2 tahun, akhirnya pesawat Boeing 737 Max kembali mengudara. Yuk kenalan lagi ditemani Pilot Captain Vincet Raditya!

Larangan untuk pesawat tersebut berlaku di seluruh dunia, lho. Setelah ada beberapa perubahan dalam pesawat, akhirnya pesawat jenis ini diizinkan untuk kembali mengudara.

Pilot Vincent Raditya yang rajin mengedukasi masyarakat Indonesia lewat video YouTube-nya menjelaskan tentang perubahan pada Boeing 737 Max.

Pilot berusia 36 tahun ini menjelaskan bahwa pertumbuhan penumpang dari tahun ke tahun semakin meningkat, sehingga dibutuhkan makin banyak frekuensi penerbangan. Karena itu, perusahaan berlomba-lomba menciptakan pesawat yang irit bahan bakar namun bisa terbang jauh.

Boeing 737 menemukan cara untuk membuat pesawat yang lebih efisien, hal ini dilakukan dengan perubahan posisi mesin. Namun pada saat dilakukan test flight, pesawat memiliki kecenderungan untuk ‘nose-up’ saat take off. Sedangkan keadaan nose-up ini bisa jadi bahaya.

Maka dari itu, Boeing mencari cara lain untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, setelah berusaha mengatasinya, Boeing 737 Max mengalami 2 kecelakaan sehingga harus dilarang terbang.

Boeing menerima beberapa persyaratan supaya Boeing 737 Max dapat kembali beroperasi. Setelah semua persyaratan dapat dipenuhi, pesawat ini diuji kembali keamanannya. Untuk saat ini, pilot memiliki kontrol lebih banyak terhadap Boeing 737 Max daripada sebelumnya, sistemnya pun mengandalkan beberapa sensor untuk mengecek system malfunction.

Pada akhirnya, Boeing 737 Max dapat kembali terbang pada Desember 2020. Dengan videonya, Captain Vincent mengingatkan penumpang jangan sampai hilang kepercayaan pada dunia aviasi.

“Keamanan penerbangan udara bisa sampai seaman ini membutuhkan proses yang jauh” ungkap Captain Vincent.

Yuk tonton penjelasan lengkap Captain Vincent di YouTube channel Vincent Raditya!

 

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini