Semua Warga Sudah Divaksinasi, Kehidupan di Pulau Ini Kembali Normal

Natalia Christine, Jurnalis · Kamis 01 April 2021 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 406 2387063 semua-warga-sudah-divaksinasi-kehidupan-di-pulau-ini-kembali-normal-OqpVPN4a87.jpg Pulau Corvo di Portugal (visitportugal.com)

KEHIDUPAN di Pulau Corvo, Portugal sudah kembali normal karena 400 penduduk yang tinggal di pulau terkecil di Kepulauan Azores itu telah divaksinasi COVID-19 secara sukarela.

Berbeda dengan yang lainnya, penduduk pulau Portugis dapat bertemu dengan satu sama lain di kafe, bar, resetoran, dan sekolah tanpa harus menggunakan masker di luar ruangan.

Pada Sabtu, para penduduk berbaris di kompleks olahraga untuk mendapatkan dosis Pfizer kedua dari satu satunya dokter yang ada di pulau tersebut, Antonio Salgado.

Baca juga: Kampung Cristiano Ronaldo Kembali Dibuka untuk Pariwisata

“Kami sudah menjalani kehidupan yang sangat dekat dengan normal,” kata Antonio Salgado sambil memeriksa nama nama penduduk dari daftarnya seperti dilansir dari Euro News Travel, Rabu (31/3/2021).

Terganggu oleh cuaca Atlantik Utara dan terkadang kekurangan pasokan vital, keterpencilan Corvo biasanya merugikan, tetapi sekarang ini adalah aset penting dalam perang melawan pandemi virus corona.

Dokter yang telah berusia 62 tahun itu tiba di Corvo kurang dari setahun yang lalu, tapi ia telah terbiasa dengan kekurangan buah maupun bahan bakar pada waktu tertentu.

Terletak ratusan kilometer jauhnya dari daratan Eropa, pulau tersebut hampir tidak terbebas oleh pandemi. Kehidupan para penduduk di Corvo sangat baik dan tenang.

“Saat ini, Corvo adalah surga. Itu tempat yang unik di dunia.”

Pulau tersebut hanya memiliki satu kasus Covid yang berasal dari luar, daratan, dan kemudian terdeteksi. Setelah itu para penduduk mulai hidup normal dengan mengikuti aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan.

Baca juga: Amazing, Inilah 11 Jembatan Terpanjang di Dunia

Negara Portugal memutuskan untuk memvaksinasi pulau itu sepenuhnya tanpa melalui kelompok prioritas. Pejabat kesehatan setempat Clelio Meneses menjelaskan bahwa jumlah suntikan yang diperlukan untuk mengimunisasi Corvo tidak akan memengaruhi peluncuran di tempat lain di Azores.

“Satu satunya hal yang harus dilakukan adalah memvaksinasi seluruh penduduk sekaligus untuk membuat wilayah yang diimunisasi.”

Dengan hanya satu ventilator di pulau tersebut dan tidak terdapat tempat tidur rumah sakit sama sekali, wabah COVID-19 sangat mudah menghancurkan para penduduk yang ada.

Para penduduk sangat takut ketika seseorang ingin datang dan menulari mereka semua, seperti dari kapal.

“Penyebarannya akan menjadi bencana dan sangat cepat.”

Para penduduk hanya memiliki satu toko roti yang dikunjungi bersamaan setiap hari. Portugal Daratan telah memerangi salah satu wabah paling membahayakan di dunia, dan memberlakukan langkah langkah isolasi yang ketat dikarenakan lebih dari 16.000 orang telah meninggal dan lebih dari 800.000 telah terinfeksi.

Akan tetapi di Corvo, hanya terdapat satu kasus Covid, yaitu pada seorang warga lokal yang berkelana ke benua tersebut untuk liburan Natal. Seperti wilayah Portugal lainnya, vaksinasi di Corvo bersifat sukarela.

Seiring berjalannya waktu, seperti biasa bagi orang orang di pulau seluas 17 kilometer persegi itu, hanya menggunakan masker dan hampir tidak ada pariwisata.

Pulau itu hanya memiliki sedikit sumber pendapatan, yaitu armada kecil, kapal penangkap ikan dan kawanan sekitar 1.000 ternak untuk ekonomi pertaniannya.

Pariwisata memberikan mata pencaharian bagi sebagian orang, tetapi pandemi telah membunuh aliran pendapatan dan membuat penduduk di pulau tersebut bergantung pada bantuan yang berasal dari luar.

Guru lokal Elisabete Barradas, mengatakan dia merasa “sangat istimewa” setelah menerima dosis vaksin keduanya, dan menjelaskan bahwa pulau itu terasa seperti “kapsul” untuk menghadapi masa pandemi.

Namun dia mengatakan bahwa warga saat ini menyaksikan bagaimana hal itu terjadi di seluruh dunia “dengan banyak perhatian”.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini