Gara-Gara Banjir, Desa Ini Berubah Jadi Pulau

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 406 2387253 gara-gara-banjir-desa-ini-berubah-jadi-pulau-dnZ4YL9DMf.jpg Banjir di Crescent Head, Australia (ABC News)

PENDUDUK desa di Pantai Utara Tengah New South Wales, Australia terisolasi selama dua minggu akibat banjir baru-baru ini yang melanda desa mereka. Kotapraja Crescent Head, sebelah timur Kempsey, terputus selama 12 hari tanpa akses masuk atau keluar melalui jalan utama.

Kepala Sekolah Umum, Crescent Head, Cameron Upcroft mengatakan kota itu berubah menjadi sebuah pulau.

"Antara Kamis minggu lalu dan Senin ini, Crescent Head telah sepenuhnya terputus dari dunia luar," katanya yang dilansir dari ABC News, Rabu (31/3/2021).

Baca juga: Langka, Air Terjun Ini Bisa Berubah Warna

"Sungai Maria yang mengalir dari Sungai Hastings bertemu di Corduroy dengan Sungai Belmore dan Sungai Macleay. Itu berarti kita memiliki air di sekitar kita di keempat sisinya dan Crescent Head terputus sebagai pulau."

Upcroft mengatakan perahu penyelamat milik klub selancar mengirimkan persediaan dasar untuk bertahan hidup bagi seluruh penduduk desa.

"Semua kontak dengan dunia luar seperti makanan, air, dan surat terputus dan harus dibawa dengan perahu," katanya.

"Saat itu, kami melihat komunitas benar-benar bangkit dan bersatu sebagai bagian dari komunitas pulau."

Menurutnya, anggota komunitas sekolah mengalami kerugian harta benda yang besar akibat banjir.

“Kami memiliki beberapa keluarga yang kehilangan rumah di zona sekolah kami,” katanya.

"Keluarga yang berada di desa terputus tetapi baik-baik saja.

Baca juga: Sambut Pembukaan Pariwisata Bali, Kemenparekraf Perkuat Kolaborasi

"Tapi di jalan Maria River dan Jalan Beranghi, kami memiliki keluarga yang kehilangan rumah dan ternak."

Warga yang terisolasi oleh air banjir diangkut menggunakan perahu dan ATV milik tim SAR Kempsey – Crescent Head Surf Lifesaving Club ke sekolah umum yang digunakan sebagai pusat evakuasi.

Relawan Kempsey-Crescent Head Surf Lifesaving dan karyawan sekolah, Renee Marchment, mengoperasikan kendaraan ATV selama banjir.

"Kami dapat mengakses kendaraan keselamatan yang kami miliki termasuk dua perahu penyelamat tiup dan sepeda quad ATV yang baru untuk klub," kata Marchment.

“Saya melakukan banyak transportasi orang, obat-obatan, membantu evakuasi medis yang kami miliki dan membawa makanan dan bahan bakar ke desa,” tambahnya.

Upcroft mengatakan kini air banjir telah surut dan jalan menuju kota dibuka kembali, penduduk Crescent Head pun dapat kembali beraktivitas.

“Bagi sebagian besar keluarga kita, semoga bisa normal kembali karena mendapat bekal kembali,” ujarnya.

"Tapi keluarga pedesaan kami masih akan sangat terpengaruh saat mereka memperbaiki properti dan pagar mereka dan hal-hal semacam itu."

Nyonya Marchment mengatakan dia senang melihat akses ke Crescent Head dibuka lagi setelah hampir dua minggu diisolasi. "Saya mencintai komunitas kami - kami sangat beruntung dengan orang-orang yang tinggal bersama kami di sini," katanya.

"Jelas kami senang itu dibuka lagi karena dapat meredakan stres yang dialami semua orang.

"Tapi saya pikir kami telah mampu membuktikan bahkan dalam bencana alam kami dapat bersatu dengan layanan darurat dan komunitas kami dan melewatinya," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini