Hawaii Bakal Berlakukan Paspor Vaksin Digital Bagi Turis

Fatha Annisa, Jurnalis · Jum'at 02 April 2021 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 01 406 2388053 hawaii-bakal-berlakukan-paspor-vaksin-digital-bagi-turis-jBZphdS7gU.jpg Laguna Hawaii (Telegraph)

HAWAII sedang mengupayakan pemberlakuan paspor vaksinasi bagi para pelancong yang masuk dan keluar dari negara bagian di Amerika Serikat itu selama pandemi COVID-19.

Paspor vaksinasi Hawaii kemungkinan akan berbentuk aplikasi. Sementara paspor baru sedang dikembangkan, pelancong dapat menunjukkan kartu vaksinasi untuk menunjukkan status kesehatan mereka, kata Letnan Gubernur Hawaii Josh Green seperti dilaporkan KHON2.

Baca juga: Mau Liburan ke Hawaii di Masa Covid-19? Begini Protokol Kesehatannya

Melansir Fox News, Kamis (1/4/2021), Hawai akan bekerja sama dengan First Vitals yang berbasis di Honolulu untuk membuat aplikasi tersebut.

Jika diterapkan, maka individu yang sudah divaksinasi penuh akan menunjukkan kode QR khusus, memberitahu pihak berwenang tentang status mereka, di pos pemeriksaan perjalanan.

Sementara itu, pelancong yang terbang melalui negara bagian Aloha dapat menunjukkan kartu vaksinasi yang akan disaring oleh personel bandara untuk memastikan keasliannya, kata Green.

Baca juga: New York Legalkan Ganja untuk Kesenangan

"Mereka akan dapat memverifikasi catatan kesehatan, mereka kemudian akan mengenkripsinya sehingga orang tidak dapat mencuri catatan kesehatan seseorang. Meskipun sebenarnya, semua itu adalah apakah Anda divaksinasi atau tidak dan nama Anda serta tanggal terjadinya," kata Green.

Gubernur Hawaii David Ige pada akhirnya harus menyetujui rencana tersebut.

Berita itu muncul saat industri perjalanan terus bergulat dengan protokol kesehatan dan keselamatan untuk mengekang penyebaran virus.

Asosiasi Transportasi Udara Internasional sedang mengembangkan aplikasi seluler, yang disebut "Travel Pass," yang menampilkan hasil tes virus corona dan bukti vaksinasi dalam upaya untuk mempromosikan perjalanan yang aman dan sebagai cara bagi individu yang divaksinasi untuk melewati karantina.

Sementara Uni Eropa awal bulan ini menyarankan "Digital Green Certificate" yang akan menunjukkan bukti vaksinasi, hasil tes COVID negatif atau bukti pemulihan dari virus.

Bagaimanapun, CDC (Centers for Disease Control and Prevention) terus menasihati semua individu agar tidak melakukan perjalanan yang tidak penting dan saat ini sedang berupaya memperbarui pedomannya untuk aktivitas aman bagi orang yang divaksinasi.

Hingga saat ini, Hawaii telah melaporkan 30.654 kasus virus korona dan 462 kematian, menurut Johns Hopkins. Negara bagian saat ini memiliki tingkat positif pengujian 2,39.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini