Warga Spanyol Diimbau Batasi Pertemuan saat Libur Paskah

Suci Wulandari Putri, Jurnalis · Jum'at 02 April 2021 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 01 406 2388153 warga-spanyol-diimbau-batasi-pertemuan-saat-libur-paskah-gN6y4Fh5dZ.JPG Warga Spanyol diimbau batasi pertemuan demi mencegah penularan Covid-19 saat libur Paskah (Foto: Reuters/Javier Barbancho)

PEMERINTAH Spanyol mengimbau warganya untuk membatasi segala bentuk pertemuan dan pergerakan penduduk saat libur Paskah pekan ini. Langkah itu diambil menyusul melonjaknya kasus Covid-19 di negeri matador.

Kendati begitu, Kepala Darurat Kesehatan, Fernando Simon mengaku optimistis jika Spanyol mampu menjaga stabilitas kasus Covid-19.

Pihaknya juga terus mengampanyekan vaksinasi serta meminta warga disiplin mematuhi pedoman kesehatan selama 'Minggu Palma' menjelang Paskah tahun ini.

Baca juga: Dear Traveler, Ini Aturan Baru Perjalanan Domestik Berlaku Mulai 1 April

Namun, dirinya tetap khawatir akan terjadinya kerumunan dalam jumlah besar, terutama bagi para wisatawan yang terlihat berkumpul sembari bersosialisasi dengan kerumunan yang lain dalam jumlah besar tanpa memerhatikan protokol kesehatan yang sudah diperingatkan.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, terhitung sejak Senin lalu, angka kasus Covid-19 di Spanyol kini tercatat mencapai 149 kasus per 100 ribu orang selama dua pekan terakhir. Angka tersebut dilaporkan naik dari pekan lalu yang tercatat sejumlah 129 kasus per 100 ribu orang.

Untuk jumlah tertinggi angka kasus Covid-19 di Spanyol terjadi pada akhir Januari lalu. Saat itu merupakan puncak pandemi Covid-19 di mana menyentuh angka 900 kasus per 100 ribu orang.

Kemudian angka itu terus turun menyusul peraturan pembatasan sosial perjalanan dan pertemuan resmi diberlakukan. Diharapkan pasca-libur Paskah tidak ada lagi lonjakan kasus Covid-19 dibanding pekan-pekan sebelumnya.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini