Kemeriahan Dekorasi Paskah di Gereja Katedral Jakarta, Ondel-Ondel Ikut Tampil

Fatha Annisa, Jurnalis · Jum'at 02 April 2021 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 02 406 2388441 kemeriahan-dekorasi-paskah-di-gereja-katedral-jakarta-ondel-ondel-ikut-tampil-FTlzKeOLH6.jpg Dekorasi Gereja Katedral Jakarta. (Foto: Instagram)

PASKAH merupakan perayaan penting bagi umat Kristiani di seluruh dunia yang memperingati peristiwa sakral dalam hidup Yesus. Jemaat Kristen percaya bahwa Yesus mengalami kisah sengsara disalibkan, dimakamkan, dan pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati.

Paskah atau yang disebut juga Minggu Paskah, Hari Kebangkitan, atau Minggu Kebangkitan, terdiri dari rangkaian perayaan mulai dari Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Sunyi, dan perayaan Paskah di hari Minggu.

Jelang Minggu Paskah, Gereja Katedral Jakarta membagikan potret keindahan dekorasi gereja melalui akun Instagram resminya. Gereja Katedral Jakarta diresmikan sejak 21 April 1901.

Bernama resmi Gereja Santa Maria Diangkat Ke Surga, tempat peribadatan umat Katolik ini memiliki arsitektur bangunan yang megah bergaya neo-gotik, serupa dengan kebanyakan arsitektur gereja di dunia dan bangunan bersejarah di Eropa.

Baca Juga: Long Weekend Paskah, Yuk Jalan-Jalan ke Kampung Batik Giriloyo

 paskah

Mulai dari Minggu Palma yang jatuh pada tanggal 28 Maret lalu, gereja yang berlokasi di wilayah Jakarta Pusat itu sudah mulai mempersiapkan pernak-pernik terkait Paskah.

“#dekorprapaskahdiKatedral Di kala Yesus disambut di gerbang Yerusalem, umat bagai lautan dengan palma di tangan. Gemuruh sorak dan sorai, “Kristus Raja Damai”. Yerusalem, Yerusalem, lihatlah Rajamu. Hosanna, terpujilah, Kristus Raja Maha Jaya. Lagu di Puji Syukur,” begitu caption yang tertulis pada unggahannya beberapa hari lalu.

Belum lama ini, Gereja Katedral Jakarta juga memamerkan sudut di dekat Goa Maria gereja yang sudah dipercantik dengan beragam dekorasi khas Paskah. Ada pula miniatur ondel-ondel yang menunjukkan budaya Jakarta.

Foto yang diunggah oleh pihak gereja membangkitkan kerinduan sebagian masyarakat yang masih belum diperbolehkan untuk mengunjungi gereja tersebut. “Cakep nya.. tambah kangen pingin ke gereja ❤️,” komentar @mmel_Wang.

“Wow... bagus banget dekornya 😍. Ak salfok sm ondel2nya 🤭. Semoga semua bs menjalankan Trihari Suci dengan aman dan tenang ya. God Bless All 🙏😇,” puji @yose.widi.

Ada juga yang ingin berkunjung untuk mengabadikan momen di tengah kemeriahan dekorasi Paskah di Gereja Katedral Indonesia. “Saya kepingin foto2 dekoran itu, Kak @katedraljakarta,” tulis @handojostephanie.

 paskah

Beberapa warganet juga mengirimkan doa untuk sanak saudara di Makassar, yang saat diunggahnya foto itu, tengah mendapat musibah berupa pengeboman di Gereja Katedral Makassar.

“Mari mendoakan untuk saudara2 di Makassar, baru saja dapat kabar ada bom meledak di luar Katedral Makassar,” tulis @albert_juliadi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini