Sederet Kekurangan Nepal van Java di Mata Sandiaga Uno

Antara, Jurnalis · Minggu 04 April 2021 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 03 406 2388918 sederet-kekurangan-nepal-van-java-di-mata-sandiaga-uno-gLXV2IJpRZ.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi Dusun Butuh di Magelang, Jawa Tengah (Foto: Dok. Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno berkesempatan mengunjungi Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah. Ia bahkan menginap di desa wisata berjuluk Nepal van Java itu.

Sandi lantas memuji pemandangan Dusun Butuh yang menurutnya sangat bagus dengan suasana eksotis.

"Tadi malam saya tidur di sini, di Griyo Butuh. Ini adalah hasil karya anak-anak bangsa yang mengonversi dusun menjadi tempat yang sangat indah, instagramble," kata Sandi kemarin.

Baca juga: Sambangi Nepal van Java, Sandiaga Uno Nikmati Sunrise Ditemani Secangkir Kopi

Meski begitu, mantan Wagub DKI Jakarta itu berharap agar pelayanan di objek wisata ini terus ditingkatkan dengan adaptasi dari segi digitalisasi yang diarahkan agar menerapkan pembayaran nontunai dan pemasaran melalui media sosial semisal instagram.

Sandiaga Uno

(Foto: Kemenparekraf)

Menyinggung usulan agar akses menuju Dusun Butuh dilebarkan, menurut Sandi lebar jalan sudah cukup, namun diakuinya memang masih perlu diperbaiki.

"Jangan diperlebar karena saya khawatir kalau diperlebar akhirnya bus-bus pada datang ke sini, masyarakat sini tidak menikmati hasilnya. Menurut saya yang kurang jaringan telepon. Selain itu juga perlu listrik dan air. Hal ini yang akan kami kerjasamakan dan perbaiki bersama-sama dengan pemprov dan pemkab dan pemerintah pusat," tutupnya.

Dusun Butuh sempat ramai jadi perbincangan publik setelah videonya diunggah ulang oleh akun Instagram @mountnesia. Dalam video tersebut, terlihat jelas suasana Dusun Butuh Kaliangkrik yang sangat cantik dan memesona.

Tak heran bila banyak wisatawan yang mengatakan dusun ini mirip seperti destinasi wisata Namche Bazar di Nepal, namun versi kearifan lokal Indonesia.

Dalam keterangannya, akun @mountnesia menjelaskan bahwa Dusun Butuh Kaliangkrik merupakan desa tertinggi di Kota Magelang dengan ketinggian mencapai lebih dari 1.700 mdpl. Tapi jangan khawatir, akses menuju tempat ini terbilang mudah dijangkau.

Jalanannya sudah bagus untuk dilewati kendaraan roda empat maupun roda dua, meski cenderung menanjak dan terjal. Jadi, bagi wisatawan yang datang menggunakaan kendaraan matik atau otomatis, diimbau untuk senantiasa berhati-hati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini