Wisatawan Sudah Divaksinasi Bebas Bepergian Tanpa Perlu Tes Swab

Suci Wulandari Putri, Jurnalis · Minggu 04 April 2021 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 04 406 2389113 wisatawan-sudah-divaksinasi-bebas-bepergian-tanpa-perlu-tes-swab-nVfblHrCON.jpg Ilustrasi traveler (Freepik)

WISATAWAN yang sudah divaksinasi penuh dapat melakukan perjalanan dengan aman dan tidak perlu lagi menjalani tes virus corona atau COVID-19 maupun karantina mandiri di Amerika Serikat.

Hal ini disampaikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers of Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat.

Baca juga: Hawaii Bakal Berlakukan Paspor Vaksin Digital Bagi Turis

Namun, para wisatawan harus tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak sosial, dan mencuci tangan, serta memastikan apakah mereka sudah dipastikan divaksinasi penuh atau tidak.

“Wisatawan yang divaksinasi penuh cenderung tidak tertular dan menyebarkan Covid19,” kata CDC seperti dilansir dari Fox News, Minggu (4/4/2021).

CDC mengatakan bahwa destinasi yang berpeluang dikunjungi wisatawan, memerlukan pengujian. Wisatawan harus tetap memperhatikan dirinya sendiri, seperti menyadari bagaimana kondisi tubuh, dan mengikuti semua persyaratan yang ada di negara bagian dan lokal.

Orang dianggap divaksinasi penuh dua minggu setelah dosis kedua, yaitu vaksin Pfizer atau Moderna, atau dua minggu setelah vaksin Jhonson & Jhonson.

Baca juga: Makau Kembali Dibanjiri Wisatawan, Rekor Tertinggi Selama COVID-19

Wisatawan yang hanya divaksinasi sebagian, atau belum mencapai batas dua minggu setelah dosis akhir, mereka harus terus mengikuti rekomendasi CDC untuk orang yang tidak divaksinasi.

Sebelum CDC mengeluarkan aturan baru, orang Amerika sudah kembali melakukan perjalanan. Awak minggu ini, Transportation Security Administration (TSA) menunjukkan bahwa agenda telah menyaring lebih dari 1 juta wisatawan setiap hari selama 19 hari berturut-turut.

Maskapai penerbangan juga mengalami peningkatan permintaan, American Airlines mengatakan pada Senin pekan ini pemesanan hampir kembali ke tingkat sebelum pandemi.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini