Bak Istana Negeri Dongeng, Keajaiban Arsitektur Masjid Ini Bisa Memukau Turis

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 06 April 2021 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 408 2390224 bak-istana-negeri-dongeng-keajaiban-arsitektur-masjid-ini-bisa-memukau-turis-WfrSOcqy0N.jpg Masjid Jami Ul-Alfar atau Masjid Merah di Distrik Pettah, Kolombo, Sri Lanka (Foto Atlas Obscura)

MASJID Jami Ul-Alfar termasuk objek wisata religi terkenal di Sri Lanka. Terletak di Distrik Pettah, Kota Kolombo, Masjid Merah ini salah satu keajaiban arsitektur dunia. Keindahan arsitektur bangunannya mirip istana di negeri dongeng, bisa memesona wisatawan.

Ul-Alfar dengan menara-menara tinggi yang mencolok merupakan salah satu masjid tertua di Kolombo. Dibangun sejak 1908 hingga 1909 Masehi atas inisiatif pedagang Muslim dari India, masjid ini bukan sekadar tempat beribadah, tapi juga terbuka untuk pariwisata.

Baca juga: Wisata Religi di Masjid Hazrat Sultan, Gaya Bangunannya Keren Banget

Dilansir dari Atlas Obscura, nuansa merah-putih dan gaya arsitektur Masjid Merah Sri Lanka yang unik bak istana di negeri dongeng membuat bangunan bersejarah ini jadi salah satu ikon wisata religi di Sri Lanka.

Ilustrasi

Masjid Merah Sri Lanka (Atlas Abscura)

Masjid Merah menggunakan arsitektur Indi-Saracenic dengan kubah berbentuk seperti buah delima.

Eksteriornya terlihat sangat mencolok di antara masjid-masjid di negara lain yang biasanya berwarna netral. Pemilihan dua warna yang diseling tersebut terkesan berani untuk warna masjid. Tapi, kedua warna itu justru menambah keunikan tersendiri.

Baca juga: Indahnya Masjid Sultan, Objek Wisata Religi di Negeri Singa

Masjid Jamiul Alfar memenuhi kebutuhan umat Islam Sri Lanka akan rumah ibadah. Masjid ini bisa menampung jamaah hingga 5.000 orang. Pada hari biasa, masjid hanya dipenuhi jamaah sebanyak 2.000 orang, sedangkan saat Ramadhan bisa mencapai 3.000 jamaah.

Ilustrasi

Masjid Merah Sri Lanka (Atlas Abscura)

Masjid Jami Ul Alfar juga dikenal sebagai Rathu Palliya di Sinhala dan Samman Kottu Palli di Tamil, dibangun dengan gaya Indo-Saracenic, dan mengingatkan pada Masjid Jamek di Kuala Lumpur, Malaysia, yang dibangun sekitar waktu bersamaan.

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Masjid Merah ini perlu memerhatikan aturan dan norma berlaku. Misalnya harus berpakaian sopan, menutup aurat saat masuk area masjid.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini