Deretan Tempat Wisata di Lampung, Ada Pulau Cantik Mirip Maldives

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 08:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 408 2390308 deretan-tempat-wisata-di-lampung-ada-pulau-cantik-mirip-maldives-F18wiNuDeo.jpg Tegal Mas. (Foto: Instagram tegalmas.official)

TEMPAT wisata di Lampung bisa menjadi pilihan traveler yang ingin liburan dengan bujet hemat. Di Lampung sangat terkenal dengan pulaunya yang menarik perhatian.

Terletak di paling selatan Sumatera, Lampung kaya objek wisata alam yang membuat wisatawan terpesona. Dari Jakarta, Anda cukup menyeberang pulau menggunakan kapal feri beberapa jam saja.

Penasaran ada apa saja tempat wisata yang terkenal di Lampung? Berikut ulasannya dikutip Okezone dari channel Youtube kQ Guwatalk.

Baca Juga: Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo, Eksotis bak Pulau Bali dan Nusa Tenggara

Bendungan Batu Tegi

 tegi

(Foto: Instagram wawan._06)

Selain sebagai tempat wisata alam yang indah, bendungan batu ini juga bermanfaat sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air, mengairi lahan pertanian, dan konsumsi kebutuhan rumah tangga. Konon katanya bendungan ini adalah yang terbesar se-Asia Tenggara loh.

Di bendungan ini mata pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah. Pemandangan bukit-bukit kecil yang mengelilingi bendungan ini dan hutan hijau alami semakin menambah pesona destinasi ini. Wisatawan juga bisa bersantai di pinggir bendungan atau menaiki kapal melintasi danau. Harga tiket untuk naik perahu tersebut Rp70 ribu per orang.

Bendungan Batu Tegi ini berada di Desa Pekon Batu Tegi Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Dari Bandar Lampung menuju Bendungan Batu Tegi memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Sedangkan harga tiket masuk ke area wisata Bendungan Batu Tegi ini sebesar Rp6.000 per orang. Selanjutnya, di dalam ada tarif lanjutan sebesar Rp15.000.

Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu Kelumbayan adalah sebuah objek wisata berupa pantai bebatuan yang terletak di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung, Indonesia. Daya Tarik dari pantai ini adalah gugusan bebatuan karang artistic yang menjulang hingga 10 meter.

Istilah gigi hiu sendiri disematkan karena bebatuan karang di sana tersusun dalam formasi yang menyerupai barisan gigi hiu. Pantai ini menjadi destinasi yang cocok bagi Anda yang menyukai fotografi.

Bagi Anda para fotografer sangat disarankan untuk berkunjung ke pantai ini pada sore hari. karena sangatlah bagus dan cantik. Anda dapat mengabadikan banyak momen penting seperti saat matahari mulai terbenam.

Untuk menuju lokasi ini, Anda harus menempuh perjalanan dari Bandar Lampung menuju desa Kelumbayan. Setelah itu anda perlu berjalan sejauh 300 meter menuju lokasi pantai. Tiket masuk ke pantai ini yaitu Rp10.000 per orangnya.

Pulau Tegal Mas

 tegal mas

(Instagram tegalmas.official)

Jika berkunjung ke Lampung, jangan lewatkan untuk menikmati sunset atau snorkeling di tempat satu ini. Ya, Pulau Tegal Mas adalah destinasi favorit para penyelam baik local maupun internasional. Pulau ini disebut sebut mirip Maldives karena eksotisme alam dan penginapan terapung yang ada di sekelilingnya.

Panorama Pulau Tegal Mas terkenal dengan hamparan pasir putih dan lautnya yang tenang. Pulau Tegal Mas pun sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti fasilitas diving, snorkeling, hiking, offroad pantai, jasa keliling pulau dengan ATV, jetski, banana boat, menaiki kayak dan kano hingga memancing.

Untuk mencapai Pulau Tegal Mas yang indah dan instagenic ini, Anda harus menyeberangi lautan menggunakan kapal atau perahu dari Pantai Mutun, atau dari Pantai Sari Ringgung dan bisa juga dari dermaga Ketapang.

Lokasi Pulau Tegal Mas tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bandar Lampung, membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk sampai di Pantai Sari Ringguh. Sedangkan untuk harga tiket masuknya yaitu Rp25 ribu per orang.

"Kemudahan akses menuju lokasi, menjadi parameter para pelancong lebih memilih Pulau Tegal Mas sebagai tujuan wisata. Tak heran jika setiap harinya, Pulau Tegal Mas dapat menerima kunjungan hingga ratusan orang," tulis akun Instagram @selampung

 

Puncak Sumber Jaya

Selain digunakan sebagai tempat beristirahat, rest area Puncak Sumber Jaya ini juga bisa tergolong destinasi wisata karena menyajikan pemandangan sekitar yang sangat eksotis. Pemandangan pegunungan bukit barisan selatan yang hijau akan menyegarkan mata Anda.

Selain itu, terdapat tempat ibadah masjid yang sangat indah yaitu, Masjid Jami' Aminatul Jannah sebagai daya tarik di rest area Puncak Sumber Jaya tersebut. Fasilitas yang disediakan rest area ini sudah cukup lengkap seperti toilet hingga warung makan.

Jika cuaca berkabut, Anda akan merasakan sensasi berada di atas awan dengan dihiasi bukit-bukit dan gunung yang muncul di antara awan-awan, serta indahnya melihat matahari terbit di antara awan dan bukit. Jarak yang harus ditempuh menuju rest area ini sekira 4 jam dari Kota Bandar Lampung.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini