Tenun Ikat Inuh Khas Lampung Selatan Dikenalkan Kepada Wisatawan

Heri Fulistiawan, Jurnalis · Kamis 08 April 2021 12:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 406 2391338 tenun-ikat-inuh-khas-lampung-selatan-dikenalkan-kepada-wisatawan-TeQD6EBupz.jpg Kain tenun Lampung Selatan. (Foto: Heri Fulistiawan)

DEWAN Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Lampung Selatan mempromosikan kain tenun Ikat Inuh di lokasi wisata Kebun Edukasi beberapa waktu lalu. Kain tenun ini pun bisa dibeli wisatawan sebagai oleh-oleh khas Lampung Selatan.

Dalam kegiatan promosi produk kerajinan tersebut, Dekranasda menggandeng Ikatan Muli Mekhanai Lampung Selatan (IMMeLS). Kegiatan itu secara langsung dipimpin oleh Ketua Dekranasda Lamsel Winarni Nanang Ermanto dan wakilnya yakni Nuri Maulida Pandu, serta ditemani oleh ibu Sekda Lamsel Yani Thamrin.

“Tujuan dari kegiatan itu tidaklain adalah untuk mempromosikan kain inuh yang merupakan warisan budaya tak benda yang disinergikan dengan promosi objek wisata Kebun Edukasi yang ada di Kabupaten Lampung Selatan,” kata Ketua Umum Dekranasda Winarni Nanang Ermanto kepada MNC Portal Indonesia.

Dekranasda sengaja menggandeng IMMeLS untuk mempromosikan kain kebanggaan daerah kepada masyarakat luas. Sehingga, kain tenun Ikat Inuh bisa lebih dikenal dan membumi.

Baca Juga: Kebun Edukasi Kalianda, Alternatif Wisata Baru di Lampung Selatan

“Karena Tenun Ikat Inuh juga sudah menjadi salah satu ikon daerah kita. Buktinya kita membangun tugu inuh yang berada tidak jauh dari Kebun Edukasi. Kami harap IMMeLS juga bisa mempromosikannya di kalangan kaum milenial,” ungkap Winarni.

 tenun

Winarni menyatakan, kegiatan yang digelar itu, juga menjadi salah satu langkah Dekranasda memperkenalkan kain inuh kepada masyarakat. Harapannya, kain Tenun Ikat Inuh pada saatnya nanti bisa go international.

“Kami juga mengajak siapapun untuk memperkenalkan kain inuh ini. Tapi, khususnya adik-adik IMMeLS ini menjadi duta kain inuh agar bisa dikenal oleh masyarakat luas,” pungkasnya.

Winarni kembali menegaskan, Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Lamsel juga siap untuk mendukung secara penuh program-program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah daerah, mapun yang dikembangkan oleh pengurus Dekranasda Lampung Selatan.

“Pastinya kami akan lebih menggencarkan lagi kegiatan promosi wisata dan produk kerajinan khas daerah yang dimiliki Lampung Selatan baik melalui website, media sosial, maupun secara langsung lewat kegiatan-kegiatan yang kami gelar,” imbuhnya.

Sebagai leanding sektor kepariwisataan, Disparbud Lampung Selatan tentunya memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mempromosikan dunia wisata di Lampung Selatan secara terus-menerus, agar pariwisata di Lampung Selatan bisa dikenal oleh masyarakat lebih luas lagi.

Lampung Selatan kaya akan potensi wisata, seni dan budaya yang keindahannya tidak kalah menarik dengan yang dimiliki oleh daerah lain di Indonesia.

Menurut Winarni, destinasi wisata di kabupaten Lampung Selatan meliputi wisata alam, pegunungan, wisata pantai dan juga wisata bahari. Begitu juga dengan wisata seni budayanya yang hingga kini masih terus dilestarikan, agar tidak lekas punah termakan oleh zaman dan waktu.

"Sekarang ini yang lagi kami promosikan secara terus menerus baik secara langsung maupun lewat media promosi yang kami miliki, adalah objek wisata Kebun Edukasi yang berlokasi dibelakang rumah dinas bupati, yang penataan dan pengembangannya saat ini masih terus dilaksanakan,” ujar Winarni.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini