Banda Aceh Akan Gelar Festival Kopi Dunia, Brasil hingga Italia Diharapkan Ikut

Antara, Jurnalis · Kamis 08 April 2021 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 406 2391370 banda-aceh-akan-gelar-festival-kopi-dunia-brasil-hingga-italia-diharapkan-ikut-vcxFDBn9I7.jpg Tugu Simpang Lima, Banda Aceh (Diskominfotik Banda Aceh)

WALI Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengatakan Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) memprogramkan pelaksanaan event festival kopi bertaraf internasional di ibu kota Provinsi Aceh.

“Akan kita gelar festival kopi tersebut dengan tujuan agar Banda Aceh semakin populer di mata dunia," kata Aminullah Usman, Kamis (8/4/2021).

Baca juga:  Pemerintah Pusat Diminta Pugar Situs-Situs Bersejarah di Gampong Pande Aceh

Aminullah mengatakan, Banda Aceh memiliki potensi warisan budaya yang tinggi dalam mendukung sektor wisata, di antaranya kopi Aceh.

Apalagi, Aceh pada umumnya cukup dikenal sebagai salah-satu produsen kopi kelas dunia, khususnya Banda Aceh yang dijuluki kota seribu warung kopi.

 

"Pada zaman dulu kota ini dikenal sebagai kota jalur rempah maritim, yang diperdagangkan lada kopi dan rempah-rempah lainnya, sehingga dikenal kota pusaka yang bersejarah panjang," ujarnya.

Terkait usulan JKPI tersebut, Aminullah menyatakan bersedia menggelar festival kopi bertaraf internasional tersebut, ini juga menunjukkan bahwa Banda Aceh sebagai salah-satu Ibu kota kebudayaan Indonesia.

Baca juga:  Pesona Kota Kuno di Turki Mampu Menarik Banyak Wisawatan Meski Pandemi

"Kita berharap negara-negara penghasil kopi terbesar di dunia seperti Brasil, Italia, Afrika, dan negara-negara di Eropa lainnya turut ikut serta di sini nantinya," kata Aminullah.

Diharapkan, lanjut Aminullah, festival tersebut nantinya dapat memberikan dampak bagi semua (multiplier effect). Maka dari itu pihaknya segera merencanakan jadwal pelaksanaan hajatan besar itu, mengingat kondisi saat ini masih di tengah pandemi COVID-19.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini