Sulitnya Melamar Jadi Pramugari, Ketahuan Punya Tato dan Bekas Luka Bisa Ditolak

Fatha Annisa, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 406 2391475 sulitnya-melamar-jadi-pramugari-ketahuan-punya-tato-dan-bekas-luka-bisa-ditolak-7VOcuCDvhT.jpg Pramugari Anisa Fajar. (Foto: Instagram)

MENJADI seorang pramugari bukan hal mudah. Sebelum bisa bekerja menjadi awak kabin, para calon pramugari harus melewati sederet tes ketat.

Ya, pramugari bisa dikatakan representasi dari sebuah maskapai penerbangan. Kesan anggun sangat lekat dengan penampilan seorang pramugari. Dengan seragam khas setiap maskapai dan rok panjangnya, mereka sering kali membuat penumpang pesawat kagum.

Demi penampilan maksimal, banyak aturan yang harus dipatuhi pramugari adalah tidak boleh memiliki tato dan bekas luka.

Mantan pramugari Garuda Indonesia, Anisa Fajar, menceritakan pengalamannya saat menjalani tes untuk menjadi kru kabin. Selain cek kesehatan, Anisa juga melewati pemeriksaan fisik secara menyeluruh untuk memastikan tidak ada tato atau bekas luka di tubuhnya.

Baca Juga: Atta Halilintar Bingung Cari Hotel Honeymoon di Bali, Ini Loh 5 Rekomendasinya

anisa

Meskipun di bagian yang tertutup baju pun, dua hal itu tetap tidak diperbolehkan. Itu sudah menjadi syarat utama menjadi pramugari.

“Iya, walaupun di bagian yang tertutup baju (tato atau bekas luka) tetap tidak boleh. Syarat untuk menjadi pramugari kan gak boleh bertato,” imbuh Anisa kepada Okezone pada kesempatan beberapa waktu lalu.

Namun, peraturan itu bisa menjadi pengecualian bagi pramugari senior yang statusnya sudah menjadi pegawai tetap di perusahaan penerbangan tempat mereka bekerja. Asalkan lokasi tato di area tubuh yang tetutup baju.

“Tapi mungkin setelah itu, setelah jadi pramugari ya ada aja sih. Misalkan dia udah jadi pegawai tetap, tiba-tiba dia ditato. Tapi di daerah tertutup ya, gak apa-apa. Tapi kalau untuk pertama kali masuk tesnya itu, sesuai pengalaman aku, gak boleh,” jelasnya.

Peraturan-peraturan yang dibuat perusahaan maskapai penerbangan untuk kru kabin memang sangat ketat. Setiap maskapai ingin memiliki pramugari terbaik demi kredibilitas dan imej perusahaannya. Oleh karenanya, untuk berhasil lolos tes menjadi pramugari pun cukup sulit.

Selain masalah tato dan bekas luka, Anisa mengaku masih banyak hal yang menjadi pertimbangan maskapai dalam memilih calon pramugarinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini