Mengenal Kastil Windsor, Tempat Meninggalnya Pangeran Philip

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 408 2392246 mengenal-kastil-windsor-tempat-meninggalnya-pangeran-philip-o3QtsdYvBo.jpg Kastil Windsor di Berkshire, Inggris (Foto Pixabay.com)

PANGERAN Philip meninggal dunia, pada Jumat (9/4/2021). Suami Ratu Elizabeth II ini meninggal dalam usia 99 tahun di Kastil Windsor yang terletak di wilayah Berkshire, Inggris bagian barat.

"Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor," begitu bunyi pernyataan resmi Istana Buckingham atas meninggalnya Pangeran Philip yang diunggah di media sosial.

Baca juga:  Awas, Keluar Inggris Selama Pandemi Bisa Didenda Rp100 Juta

Kastil Windsor merupakan kediaman resmi Kerajaan Inggris Raya. Sepanjang sejarah, kastil ini jadi saksi bisu banyak peristiwa penting. Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle pada 19 Mei 2018 juga berlangsung di sini.

Dalam laman Royal Collection disebutkan bahwa Kastil Windsor merupakan benteng kuno tertua dan terbesar yang berpenghuni di Eropa. Kastil ini dibangun selama 16 tahun sejak 1070 Masehi dan menjadi benteng pertahanan Inggris saat itu.

Pembangunan Kastil Windsor dilakukan Raja William I, setelah ia berhasil menaklukkan Inggris bersama pasukan Norman. Kastil ini kemudian menjadi kediaman resmi kerajaan sejak tahun 1100 atau era Raja Henry I yang merupakan anak ketiga William I. Bertahan sampai masa pemerintahan Ratu Elizabeth II.

 

Kastil Windsor seluas 4,5 hektare ini memiliki 1.000 ruangan dan sering dimanfaatkan untuk acara-acara kenegaraan.

Baca juga:  Pulihkan Pariwisata, Uni Eropa Segera Luncurkan Paspor Vaksin Covid-19

Uniknya, Kastil Windsor punya 379 jam yang tersebar di berbagai sudut. Dalam kastil juga terdapat 1.794 item koleksi baik berupa lukisan, foto, tempat tidur, patung pahat raja, cangkir, hingga baju berlapis baja milik Raja Henry VIII.

Ada juga bros mata panah yang diperkirakan dibuat pada 4000-600 Sebelum Masehi dan diyakini sebagai koleksi tertua yang diberikan oleh Masyarakat Arkeologi Ballymena kepada Ratu Victoria pada 1887.

Kastil Windsor sekarang terbuka untuk pariwisata. Selain melihat koleksi museum, pengunjung juga bisa menyaksikan pergantian pasukan pengamanan kastil yang identik dengan seragam merah hitam dan bertopi besar.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini