Kartu Pos Kru Kapal Titanic Akan Dilelang Seharga Rp287 Juta, Minat?

Natalia Christine, Jurnalis · Sabtu 10 April 2021 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 10 406 2392460 kartu-pos-kru-kapal-titanic-akan-dilelang-seharga-rp287-juta-minat-HYkYKDOx0A.jpg Kartu Pos kru kapal Titanic. (Foto: RR Auction)

SEBUAH kartu pos yang ditulis oleh seorang awak kapal RMS Titanic beberapa minggu sebelum tenggelam, akan dilelang. Harganya berapa?

Jack Phillips, operator nirkabel senior kapal, menulis kartu pos pada Maret 1912 untuk saudara perempuannya, yaitu Elsie, saat berada di pelabuhan di Belfast, Irlandia, tempat Titanic dibangun. Konstruksi selesai pada akhir Maret, dan kapal meninggalkan dermaga pada 2 April 1912.

Surat tersebut ditulis pada kartu pos berukuran 14 x 9 sentimeter yang dimana terdapat gambar Titanic selama pembangunannya serta diberi cap pos di Belfast.

Baca Juga: Sandiaga Uno Akan Terapkan Layanan GeNose C19 di Desa Wisata

titanic

Sebagian kartu itu berbunyi, “Sangat sibuk bekerja hingga larut malam. Berharap berangkat pada hari Senin dan tiba di So'ton (Southampton) pada Rabu sore. Semoga Anda baik-baik saja.”

Lalu pesan itu diakhiri dengan kata kata “Love, Jack.”

“Phillips sering memilih kartu pos yang menggambarkan kapal yang ia layani,” kata Bobby Livingston, Wakil Presiden Eksekutif RR Auction yang berbasis di Boston, yang menjual kartu tersebut, seperti yang dilansir dari 9News.

Menurut penelitian yang dilakukan, hanya lima dari 300 kartu pos yang disimpan oleh Elsie yang memiliki hubungan dengan Titanic, dan hanya dua kartu pos yang menampilkan kapal Titanic sebagai foto depan, menjadikannya contoh yang sangat langka.

Mr.Livingston mengatakan, Mr Phillips adalah pahlawan yang terlupakan yang telah menyelamatkan banyak nyawa pada saat Titanic mulai tenggelam. Mr. Phillips bekerja tanpa lelah untuk mengirim pesan ke kapal lain untuk meminta bantuan dalam menyelamatkan penumpang dan awak.

Pada malam 14 April 1912, di Atlantik Utara, Titanic menabrak gunung es yang menyebabkan kematian lebih dari 1.500 penumpang dan awak kapal.

Menurut RR Auction, Mr Phillips meninggalkan kapal karena air membanjiri kakinya. Ia mengembuskan nafas terakhirnya di sekoci yang terbalik dan meninggal karena suhu udara yang sangat dingin.

Lelang kartu pos Mr. Phillips akan ditutup pada 14 April. RR Auction mengatakan kartu pos itu diperkirakan mencapai USD 19.701 atau kurang lebih setara dengan Rp287.755.761. Kartu pos milik Philips bukan merupakan penjualan pertama dari peninggalan kapal Titanic.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini