Mantan Pramugari Ini Ungkap Rute Penerbangan Paling Tidak Disukai

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Senin 12 April 2021 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 11 406 2392952 mantan-pramugari-ini-ungkap-rute-penerbangan-paling-tidak-disukai-ZE9EjeZF9m.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SEORANG mantan pramugari, Hani Nugroho mengungkapkan pengalaman tidak menyenangkannya selama bertugas.

Dikutip Okezone dari situs tanya jawab Quora, Hani yang dulunya merupakan pramugari maskapai nasional itu mengungkapkan rute penerbangan yang paling tidak disukainya yaitu rute Denpasar-Jakarta-Tokyo.

Saat itu, pesawat boarding di Denpasar pada pukul 23.00 Wita. Setelah berhasil terbang dan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, pesawat kembali melanjutkan perjalanannya dan boarding pada pukul 00.30.

Hani yang menjalani penerbangan panjang merasa sudah sangat lelah dan lemas. Namun ia harus tetap terbang ke Jepang.

Baca juga: Bagaimana Pramugari Beribadah kalau Terbang Terus, Penasaran?

Dalam penerbangan menuju Bandara Narita, Tokyo, pesawat yang ditumpangi Hani melintasi Manila, Filipina yang mana rute tersebut sering mengalami cuaca buruk. Karena cuaca buruk, aturan kenakan sabuk pengaman menyala antara 1-2 jam.

“Kebayang kan sudah begadang, perut serasa dikocok tiada henti. Bolak balik pun rute tersebut langganan bad weather,” keluh Hani.

Selain rute Denpasar-Jakarta-Tokyo, rute lain yang tak disukai Hani yaitu rute Palembang-Balikpapan.

“Kalau untuk rute dalam negeri itu arah Palembang dan Balikpapan sering banyak guncangan dan aku tidak suka,” kata dia.

Guncangan atau turbulensi yang terjadi dalam pesawat dapat disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya karena mesin atau mechanical turbulence.

Kemudian bisa juga disebabkan oleh pemanasan permukaan bumi yang tidak merata. Selain itu, arus udara yang sempit dan bergerak cepat juga bisa menyebabkan guncangan pada pesawat.

Saat terjadi guncangan, seorang pramugari diharuskan untuk tidak takut dan harus memastikan bahwa kabin dan penumpang dalam keadaan aman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini