Sandiaga Uno: Bandara Soekarno-Hatta Terapkan GeNose Mei

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 12 April 2021 17:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 406 2393405 sandiaga-uno-bandara-soekarno-hatta-terapkan-genose-mei-8iri39MP9n.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Instagram/@sandiuno)

SEIRING meningkatnya angka kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata di Indonesia, terkhusus Bali, pemerintah saat ini berencana akan menggunakan GeNose C19 di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten.

Hal tersebut disampaikan secara gamblang oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, saat memberikan Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (12/4/2021).

"Kami dapat laporan waktu awal bertugas pada januari lalu, kunjungan ke Bali ada di angka 2.000-2.500 wisatawan per hari. Belakangan, angka wisnus ke Bali (kedatangan penumpang dimestik) berada di angka 5.000-7.500 orang. Bahkan, waktu libur paskah kemarin sampai 8.000-9.000 per hari," terang Sandiaga.

Baca juga: Layanan Tes GeNose C19 di 4 Bandara Ini, Tarifnya Rp40 Ribuan

Lebih lanjut Sandiaga menjelaskan, ini secara tidak langsung menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan wisatawan dalam bepergian.

Penggunaan GeNose C19 pun digadang-gadang menjadi alternatif terbaik, karena dinilai lebih praktis dan terjangkau ketimbang antigen.

Infografis GeNose

Seperti diketahui, GeNose C19 merupakan alat pendeteksi Covid-19 berbasis embusan napas. Alat pendeteksi tersebut telah diaplikasikan di beberapa stasiun kereta di Jakarta dan Bandara Ngurah Rai di Bali.

Dari segi harga, GeNose memang relatif terjangkau yakni, biaya Rp40 ribu per orang. Durasi pemeriksaan pun hanya membutuhkan waktu sekira 15-30 menit.

"Sayangnya masih terbatas jumlahnya per hari sampai hanya sekira 600-1.000 buah. Tapi kami akan tingkatkan kerjasama dengan Angkasa Pura I dan Farma, Apalagi GeNose merupakan karya anak bangsa, dan sudah di-approve dan disetujui Kemenristek dan Kemenkumham," terangnya.

"Kami harap penggunaan GeNose juga akan meningkatkan proses testing, tracing, dan treatment (3G), sekaligus meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk bepergian. Data kami akan terus melakukan pendalaman. Dan rencananya Mei nanti Bandara Soekarno-Hatta sudah dapat melayani pengecekan GeNose," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini